Melalui Food Estate, Kementan Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

- Selasa, 6 Desember 2022 | 18:16 WIB
Food Estate Kementan (Ist)
Food Estate Kementan (Ist)

SUARAKARYA.ID: Kegiatan Food Estate dilaksanakan dalam rangka pengembangan sentra produksi pangan skala luas untuk penguatan sistem pangan nasional.

Menteri Pertanian (Menten), Syahrul Yasin Limpo mengatakan gerakan tanam padi di kawasan Food Estate guna memperkuat produksi beras nasional dalam menghadapi tantangan krisis global.

Hal ini menjadi salah satu langkah nyata pemerintah dalam pemanfaatan lahan rawa untuk pengembangan sektor pertanian guna mencukupi ketersedian pangan.

"Saat ini kita bersama pemerintah daerah dan danrem mengerjakan kawasan luas ini, tapi nanti rakyat yang akan kelola ini dengan kelembagaan yang ada dan berproses sesuai ekosistem pertanian dan pangan. Dan besok orang Kalimantan harus katakan dari Kalimantanlah Indonesia kokoh pangannya dan itu yang akan kita capai di Kalimantan," tutur Mentan Syahrul.

Baca Juga: Besarnya Kekuasaan Ferdy Sambo di Kepolisian Bikin Hakim Geleng Kepala

Dia menambahkan pengembangan lahan rawa sebagai lahan pangan masa kini dan masa depan dinilai sangat strategis dan prospektif dalam mendukung ketahanan pangan. Ini mengingat pertambahan jumlah penduduk yang sangat cepat disatu sisi lahan pertanian banyak yang beralih fungsi.

Senada hal tersebut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menjelaskan program Food Estate memiliki potensi sangat besar dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

"Posisi SDM menjadi vital karena 50 persen menjadi kunci keberhasilan pertanian. Melalui berbagai program pelatihan yang diberikan, diharapkan ada beragam inovasi untuk mendukung kesuksesan food estate," jelas Dedi.

Hal ini selaras dengan agenda tema kegiatan Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) volume 45 "Food Estate, Solusi Memperkuat Ketahanan Pangan Nasional", Jumat (02/12) di adakan di AOR BPPSDMP, Kantor Pusat Kementan.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stabilkan Harga Beras, Bulog NTB Gelar SPHP

Senin, 30 Januari 2023 | 12:40 WIB

INPP Optimis Pendapatan Perseroan Tumbuh 20-25 Persen

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:18 WIB
X