• Selasa, 31 Januari 2023

Jelang Libur Akhir Tahun, KAI Operasikan KA Blambangan Ekspres

- Jumat, 2 Desember 2022 | 16:43 WIB
Suasana di Stasiun Gubeng Surabaya
Suasana di Stasiun Gubeng Surabaya

SUARAKARYA.ID: Menjelang libur akhir tahun, Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Api baru. KA Blambangan Ekspres Relasi Semarang Tawang - Surabaya Pasarturi - Surabaya Gubeng - Ketapang pp ini beroperasi perdana mulai hari ini.

Menurut Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, KA Blambangan Ekspres dihadirkan untuk mempermudah masyarakat daerah Surabaya, Sidoarjo menuju Jember hingga Ketapang ataupun sebaliknya ke arah Bojonegoro, Semarang.

"KA Blambangan Ekspres beroperasi mulai Jum'at (2/12/2022) hari ini. Baik untuk keberangkatan dari Stasiun Semarang Tawang maupun Stasiun Ketapang," ujarnya.

Baca Juga: Sambut Nataru 2023, KAI Daop 8 Kerahkan 8 KA Tambahan

Nama KA Blambangan Ekspres berasal dari nama Kerajaan Blambangan. Kerajaan Hindu ini berlokasi di Banyuwangi tepatnya di Semenanjung Blambangan di ujung timur Pulau Jawa. Kerajaan Blambangan berdiri di akhir masa Kerajaan Majapahit yakni pada abad ke-13 Masehi hingga abad ke-18 Masehi.

KA Blambangan Ekspres merupakan KA pertama yang dioperasikan dari Stasiun Ketapang Banyuwangi menuju arah Bojonegoro, Semarang pp. KA ini akan mempermudah masyarakat yang ingin bepergian ke wilayah tersebut dengan transportasi yang aman, sehat, nyaman dan tepat waktu.

Luqman mempersilakan masyarakat yang ingin bepergian dengan tujuan Semarang dari kota Surabaya untuk menggunakan KA Blambangan Ekspres. Jadwal keberangkatan pukul 01.26 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng dan keberangkatan pukul 01.52 WIB dari Stasiun Pasarturi.

Baca Juga: Lirik Lagu Care Bebek by Jejeg Bulan yang Mendadak Viral

Sedangkan untuk keberangkatan tujuan Ketapang dari wilayah Surabaya, masyarakat dapat menggunakan KA Blambangan Ekspres dengan jadwal keberangkatan pukul 22.20 WIB dari Stasiun Surabaya Pasarturi dan keberangkatan pukul 22.44 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stabilkan Harga Beras, Bulog NTB Gelar SPHP

Senin, 30 Januari 2023 | 12:40 WIB
X