Demi Pelayanan Publik Berkualitas, Kemenhub Luncurkan Aplikasi SIM KPLP

- Kamis, 1 Desember 2022 | 19:31 WIB
Untuk memuluskan pelayanan yang berkualitas, Kemenhub luncurkan SIM KPLP
Untuk memuluskan pelayanan yang berkualitas, Kemenhub luncurkan SIM KPLP

SUARAKARYA.ID:  Saat ini berkembang terus digitalisasi termasuk dalam pelayanan publik, yang merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah memenuhinya.

Pelayanan publik yang berkualitas ditandai dengan adanya pelayanan yang baik, cepat, tepat, efektif dan efisien melalui peningkatkan mutu. Hal itu bisa dicapai dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi dan komunikasi yang ada agar terwujudnya sistem pelayanan yang berkulitas serta terwujudnya Good Governance.

Dalam rangka memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai telah mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (SIM KPLP) yang berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi terkait pelayanan perizinan, pelaporan dan database yang menjadi tugas pokok dan fungsi dari Direktorat KPLP.

“Dengan peluncuran aplikasi ini, saya meyakini penerapan SIM KPLP dapat mempermudah kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan publik yang telah disediakan,” tutur Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha dalam sambutannya pada acara peluncuran SIMKPLP di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Kemenhub Optimalkan Pelayanan Dalam Penerbangan Perdana Umrah di Bandara Kertajati

Arif mengatakan Good Governance dapat terwujud apabila adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah dengan peranserta partisipasi masyarakat serta sumber daya manusia yang ada.  Dimana pada era digital saat ini dituntut untuk berproses serba cepat dan tepat dengan menggunakan perangkat teknologi.

“Aplikasi SIM KPLP diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan pelayanan publik yang ada, sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi birokrasi  berkorelasi dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Selain itu, kata Arif, sekaligus juga dapat sebagai media koordinasi antara Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan Direktorat KPLP sehingga penilaian kinerja yang baik dari UPT dapat terlihat sehingga nantinya dapat diberikan penghargaan untuk lebih mendorong dan meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa.

Pada dasarnya, Sistem Informasi Manajemen sangat membantu dan memudahkan pelaku usaha melakukan permohonan perizinan, pelaporan dan tata kelola data secara daring atau online. Juga tracking system perizinan, mengakses informasi seputar perizinan, jenis izin dan persyaratan perizinan, mengecek status perizinan, melakukan cetak dokumen perizinan secara mandiri dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

INPP Optimis Pendapatan Perseroan Tumbuh 20-25 Persen

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:18 WIB
X