Java Coffee Culture 2022 Gelaran Bank Indonesia di Jalan Tunjungan Surabaya Berlangsung Meriah

- Senin, 28 November 2022 | 11:46 WIB
 Java Coffee Culture 2022 yang digelar Bank Indonesia di Jalan Tunjungan Surabaya
Java Coffee Culture 2022 yang digelar Bank Indonesia di Jalan Tunjungan Surabaya

SUARAKARYA.ID: Ribuan warga menghadiri Java Coffee Culture 2022 (JCC 2022) yang digear Bank Indonesia di jalan Tunjungan Surabaya, Minggu (27/11/2022) malam. Event itu digelar sebagai wujud komitmen Bank Indonesia dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif, terutama komoditas unggulan kopi.

Dalam kegiatan tersebut, Bank Indonesia menghadirkan beragam suguhan suguhan menarik dapat dinikmati masyarakat umum seperti showcase kopi nusantara, kreasi jajanan pasar hingga sejumlah atraksi carnival.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, penyelenggaraan JCC 2022 ini dimulai di hari pertama dengan eduCoffee (coffeetalk dan coffeepreneur), cupping experience (business matching), workshop brewing, showcase UMKM, dan dilanjutkan dengan berbagai lomba dan kompetisi.

Baca Juga: Lirik Lagu Bintang Kehidupan by Nike Ardilla Yang Melegenda

"Jumlah pengunjung hari kedua JCC 2022 mencapai 5.329 orang. Adapun peserta yang mengikuti acara EduCoffee dan Workshop Brewing, pada hari pertama sebanyak 1.945 peserta umum dan 33 pelaku UMKM," ujarnya.

Beberapa program Business Matching yang dilalui UMKM kopi diantaranya cupping test dengan mengklasifikasikan kualitas dan citarasa kopi sebagai proses quality control, cupping experience oleh para potential buyer, dan kerjasama platform digital pemasaran kopi. Ajang ini diikuti 42 UMKM yang terdiri dari UMKM Binaan BI dan Mitra BI telah berpartisipasi adalah sebesar Rp10 milliar.

Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang hadir secara virtual menyampaikan bahwa Ekonomi kreatif merupakan solusi dan pilar utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Sektor ekonomi kreatif berkontribusi sebesar Rp1.300 triliun atau 7,4% pada PDB Nasional menempatkan Indonesia pada peringkat 3 besar dunia dengan 3 subsektor unggulan seperti Fesyen, Kuliner dan Kriya.

Baca Juga: Lirik Lagu Hampa by Ari Lasso yang Kembali Viral

Provinsi Jawa Timur sendiri merupakan pengekspor kopi terbesar ketiga di Indonesia, setelah Provinsi Lampung dan Sumatera Utara, dengan tujuan ekspor utama ke Amerika Serikat, Mesir dan Malaysia. Secara khusus, kami berharap event JCC ini dapat mendukung ekonomi kreatif khususnya komoditas kopi. Event – event seperti ini juga diharapkan dapat terus mendukung tingkat konsumsi kopi nusantara yang terus menjadi primadona di negeri sendiri dengan tetap memberikan kualitas terbaik.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stabilkan Harga Beras, Bulog NTB Gelar SPHP

Senin, 30 Januari 2023 | 12:40 WIB

INPP Optimis Pendapatan Perseroan Tumbuh 20-25 Persen

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:18 WIB
X