Menhub Budi Karya Sumadi Tinjau Penerbangan Umroh di Bandara Kertajati

- Sabtu, 26 November 2022 | 16:57 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi berswafoto dengan warga yang hendak berangkat umroh dari Bandara Kertajati
Menhub Budi Karya Sumadi berswafoto dengan warga yang hendak berangkat umroh dari Bandara Kertajati

 

 

SUARAKARYA.ID: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Sabtu (26/11/2022), meninjau langsung keberangkatan penerbangan jamaah umroh yang kedua dari Bandara Kertajati. Pada hari ini diberangkatkan sebanyak 375 jamaah umroh menggunakan pesawat Lion Air JT 068 (Airbus 330-300) langsung menuju Bandara Madinah.

Sebelumnya, pada 20 November 2022 lalu telah diberangkatkan sebanyak 224 jamaah umroh menggunakan pesawat Garuda Indonesia (Airbus 330-300) langsung menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Jamaah umroh yang berangkat menggunakan kedua maskapai tersebut berasal dari sejumlah daerah di Jawa Barat, diantaranya dari Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka.  “Saya bahagia warga Jabar bisa berangkat umroh dari Kertajati. Apa yang kami lakukan ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan kekuatan bandara Kertajati" tutur Menhub.

Selain warga Jabar, Budi Karya Sumadi juga mengajak masyarakat di sekitar Jawa Barat, khususnya yang bagian timur dan Jawa Tengah bagian barat, untuk berangkat umroh dari Bandara Kertajati. “Selain lebih dekat daripada harus ke Bandara Soekarno Hatta, di Bandara Kertajati juga relatif tidak padat,” katanya.

Baca Juga: Kemenhub Optimalkan Pelayanan Dalam Penerbangan Perdana Umrah di Bandara Kertajati

Menhub menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung upaya mengembalikan kembali operasional penerbangan di Bandara Kertajati pasca pandemi.

Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki jemaah umrah tertinggi se-Indonesia. Potensi jemaah umrah asal Jawa Barat dalam satu musim atau delapan bulan dapat mencapai 70 ribu orang. Sebelumnya penerbangan umrah pernah dioperasikan dari Bandara Kertajati pada 2018 dan 2020 sebelum terhenti akibat pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stabilkan Harga Beras, Bulog NTB Gelar SPHP

Senin, 30 Januari 2023 | 12:40 WIB

INPP Optimis Pendapatan Perseroan Tumbuh 20-25 Persen

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:18 WIB
X