• Kamis, 1 Desember 2022

Kementan Tingkatkan Implementasi Peran Kostratani di BPP Pray Au

- Kamis, 24 November 2022 | 22:56 WIB
Kostratani Kementan (Ist)
Kostratani Kementan (Ist)

SUARAKARYA.ID: Kementerian Pertanian (Kementan) Pusat Penyuluhan Pertanian memaksimalkan program pembangunan pertanian dengan melakukan transformasi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) menjadi BPP Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani).

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa Kostratani merupakan optimalisasi tugas, fungsi, dan peran BPP dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

"Kostratani adalah wujud gerakan pembangunan pertanian di Indonesia yang menyelaraskan kemajuan era industrialisasi 4.0. Kostratani berpusat di Kecamatan, karena pembangunan pertanian akan dilakukan dari lapangan, desa hingga kecamatan," kata Mentan Syahrul.

Baca Juga: Sah, Anwar Ibrahim Dilantik Raja Sultan Abdullah, Jabat PM ke-10 Malaysia

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menambahkan, penguatan BPP Kostratani merupakan program untuk mendukung gerakan pembangunan pertanian yang dapat dilakukan dengan berbagai cara.

"Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam penguatan BPP Kostratani, seperti pendampingan dan pengawalan gerakan pembangunan pertanian dengan cara kolaborasi antara penyuluh pertanian dan petugas teknis fungsional lainnya," ujar Dedi.
Sementara itu Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Bustanul Arifin Caya mengajak kepada seluruh penyuluh pertanian untuk menerapkan peran dan fungsi BPP Kostratani di BPP Pray Au.

"BPP Pray Au ini lokasinya strategis dan sudah direnovasi. Itu harus diimbangi dengan dengan menerapkan lima peran Kostratani," ungkap Bustanul dalam Kunjungan Kerjanya di BPP Pray Au, Kabupaten Sumba Tengah, pada Kamis (24/11).

Baca Juga: Saksi Bantah Ferdy Sambo Sedang PCR Waktu Kejadian Penembakan Brigadir J

Lima peran Kostratani tersebut, kata Bustanul, di antaranya adalah BBP sebagai pusat data dan informasi, pusat pembelajaran, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat jaringan kemitraan.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Nusantara Power Gelar Aksi Tanam Pohon Serentak

Selasa, 29 November 2022 | 20:26 WIB

Telkom Indonesia Raih Penghargaan di Ajang GCSA 2022

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB
X