• Kamis, 1 Desember 2022

KPPU Selidiki Kasus Dugaan Pelanggaran yang Dilakukan Google di Indonesia

- Kamis, 24 November 2022 | 22:54 WIB
Ketua KPPU, M Afif Hasbullah (kanan) saat menjawab pertanyaan wartawan
Ketua KPPU, M Afif Hasbullah (kanan) saat menjawab pertanyaan wartawan

SUARAKARYA.ID: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) merespon isu transformasi digital yang berkembang di perhelatan G20, dengan semakin memperketat pengawasan. Kali ini mereka menyelidiki dugaan pelanggaran yang dilakukan aplikasi Google.

Menurut Ketua KPPU, M Afif Hasbullah, pihaknya melakukan penyelidikan atas dugaan pelanggaraan UU No 5/1999 yang dilakukan Google dan anak usahanya di Indonesia.

"KPPU menduga, Google telah melakukan penyalahgunaan posisi dominan, penjualan bersyarat, dan praktik diskriminasi dalam distribusi aplikasi secara digital di Indonesia,” ujarnya, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Lirik Lagu Satru 2 'Nek kangen ngomong kangen, rasah tukaran ae' by Denny Caknan feat Happy Asmara

Pihaknya memanggil semua pihak yang terkait untuk kepentingan penyelidikan. Upaya itu dilakukan untuk mengumpulkan minimal 2 alat bukti yang bisa dijadikan dasar untuk membawanya ke ranah hukum.

Pengetatan pengawasan ke kalangan aplikasi dilakukan karena pasar digital belakangan sudah smeakin tak terelakkan. KPPU memastikan siap mengawal persaingan usaha di pasar digital itu dari aspek hukum.

Seperti diketahui, perhelatan G20 di Bali yang menjadikan Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun ini telah selesai. Perhelatan ini berhasil dari sisi penyelenggaraan maupun dalam menginisiasi lahirnya deklarasi Bali yang berlandaskan semangat “recover together, stronger together”.

Baca Juga: Lirik Lagu Bintang Kehidupan by Nike Ardilla Yang Melegenda

Salah satu isu yang diangkat dalam perhelatan ini adalah transformasi digital. Bila dikaitkan dengan eksistensi UMKM, ternyata selama pandemic UMKM terbukti tangguh.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Nusantara Power Gelar Aksi Tanam Pohon Serentak

Selasa, 29 November 2022 | 20:26 WIB

Telkom Indonesia Raih Penghargaan di Ajang GCSA 2022

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB
X