• Jumat, 9 Desember 2022

BPJAMSOSTEK Ajak Pelaku UMKM di Kabupaten Kediri Segera Lindungi Diri dengan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

- Rabu, 23 November 2022 | 17:37 WIB
Salah satu pelaku UMKM di Kediri saat menerima kartu BPJAMSOSTEK secara simbolis
Salah satu pelaku UMKM di Kediri saat menerima kartu BPJAMSOSTEK secara simbolis

SUARAKARYA.ID: BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Kediri kembali menggelar sosialiasi manfaat program kepada para pelaku UMKM. Mereka berharap seluruh pelaku UMKM di Kabupaten Kediri terlindungi oleh jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dalam sosialisasi yang digelar di Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri pada Selasa (22/11/2022) kemarin, BPJS Ketenagakerjaan juga menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan Bukan Penerima Upah (BPU) kepada Pelaku UMKM di Kabupaten Kediri.

Menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kediri, Suharno Abidin, risiko atas pekerjaan dapat terjadi pada siapa saja termasuk pelaku UMKM. "Kami hadir untuk memberikan perlindungan atas risiko-risiko yang kemungkinan terjadi akibat aktivitas kerja," ujarnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Satru 3 'Kok Geting Aku' by Mamnun feat Cimbrut yang Sedang Viral

Penyerahan simbolis kartu kepesertaan dilakukan oleh Suharno Abidin selaku Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kediri kepada Edy Suyanto yang mewakili para pelaku UMKM. Penyerahan simbolis ini di saksikan oleh puluhan pelaku UMKM Kabupaten Kediri.

Untuk menjadi peserta BPU BPJS Ketenagakerjaan, pekerja hanya dikenai iuran Rp16.800 per bulan. Dengan nominal sebesar itu, mereka bisa terdaftar sebagai peserta program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Bila ingin ikut pada program Jaminan Hari Tua (JHT), lanjutnya, peserta hanya perlu menambah iuran mulai dari Rp20 ribu per bulan. Sehingga kalau ikut dalam 3 program BPJS Ketenagakerjaan, hanya perlu membayar iuran sebesar Rp36.800 per bulan.

Baca Juga: Lirik Lagu Bintang Kehidupan by Nike Ardilla Yang Melegenda

Dalam kesempatan itu dia juga dijelaskan tentang besarnya manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Diantaranya berupa perawatan tanpa batas hingga sembuh bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja sesuai indikasi medis.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Top Lombok Timur, Miliki Samsat Perijinan Kapal Ikan

Jumat, 9 Desember 2022 | 08:46 WIB

SIG Raih Penghargaan BUMN Berprestasi

Kamis, 8 Desember 2022 | 20:34 WIB
X