• Jumat, 9 Desember 2022

Menhub Instruksikan Jajaran Dukung Kelancaran Pemeriksaan BPK

- Rabu, 23 November 2022 | 14:20 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi instruksikan jajaran dukung pemeriksaan BPK
Menhub Budi Karya Sumadi instruksikan jajaran dukung pemeriksaan BPK

 

 

SUARAKARYA.ID: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginstruksikan jajarannya untuk mendukung kelancaran pemeriksaan laporan keuangan Kemenhub tahun 2022 yang akan dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Hal itu dikemukakan Budi Karya Sumadi saat menerima kedatangan tim BPK dalam kegiatan Entry Meeting Pemeriksaan Interim. Selain memeriksa laporan keuangan, BPK juga akan melakukan pemeriksaan atas pelaksanaan kegiatan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma yang dilakukan pada tahun ini untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT G20.

“Kami siap membantu kelancaran pemeriksaan tim BPK. Saya selalu sampaikan bahwa pemeriksaan yang dilakukan akan semakin meningkatkan kualitas dan kepercayaan diri jajaran Kemenhub untuk menjalankan tugas pengelolaan keuangan negara secara governance (tata kelola pemerintahan yang baik),” ujar Menhub Budi Karya Sumadi, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Kasau : Pemeriksaan BPK RI Sangat Penting Dan Strategis

Menhub mengatakan, hasil pemeriksaan dari BPK menghasilkan sejumlah rekomendasi yang harus ditindaklanjuti. “Rekomendasi dari BPK sangat penting agar kita selalu berbenah dan berbuat yang terbaik dalam upaya meningkatkan pelayanan. Mengingat pelayanan yang kami berikan langsung bersentuhan dengan masyarakat,” tuturnya.

Budi Karya Sumadi kepada jajarannya menyatakqn mendukung kelancaran proses pemeriksaan yaitu: pertama, segera menyampaikan permintaan dokumen pemeriksaan segera lengkap pada tim pemeriksa BPK. Kedua, mengadministrasikan dan melakukan digitalisasi seluruh dokumen pemeriksaan secara tertib. Ketiga, bersikap kooperatif dan secara proaktif mengkomunikasikan dengan tim pemeriksa apabila terdapat kendala atau permasalahan di lapangan, dan seluruh rekomendasi dari hasil pemeriksaan harus segera ditanggapi dan tindak lanjuti secara tuntas.

Sementara itu, anggota I BPK selaku pimpinan pemeriksaan Keuangan Negara I Nyoman Adhi Suryadnyana mengatakan, pemeriksaan interim ini dilakukan untuk menyelaraskan cara pandang antara Kemenhub dengan BPK, dalam rangka penyusunan laporan keuangan yang audited atau sudah memenuhi standar akuntabilitas yang ditetapkan.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Top Lombok Timur, Miliki Samsat Perijinan Kapal Ikan

Jumat, 9 Desember 2022 | 08:46 WIB

SIG Raih Penghargaan BUMN Berprestasi

Kamis, 8 Desember 2022 | 20:34 WIB
X