Energi Berkeadilan, 75.890 Keluarga Kurang Mampu Dapat Bantuan Pasang Baru Listrik PLN Gratis

- Senin, 21 November 2022 | 06:56 WIB
Humas PLN
Humas PLN

SUARAKARYA.ID: Untuk mewujudkan energi berkeadilan, pemerintah bersama DPR dan PT PLN (Persero) bersinergi menyalurkan sambungan listrik gratis dari program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) ke 75.890 keluarga tidak mampu yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Hadirnya listrik pun disambut hangat masyarakat. Elisabeth Karatem misalnya, salah satu warga penerima BPBL di Kepulauan Aru, Maluku mengaku senang mendapatkan bantuan instalasi listrik gratis ini.

“Beta (saya) merasa senang, lewat bantuan pemerintah lampu bisa menyala,” ujar Elisabeth.

Baca Juga: Alhamdulillah, UMKM Binaan PLN Kebanjiran Order saat Gelaran KTT G20

Ibu empat anak ini menuturkan, sebelumnya mendapat bantuan, keluarganya hanya bisa menikmati listrik lewat penyaluran dari tetangganya. Kini, ia bisa memiliki sendiri tanpa harus berbagi akses dengan tetangga.

Perasaan bahagia juga turut mewarnai suasana hati dari penerima bantuan BPBL di Desa Noelmina, Nusa Tenggara Timur, yakni Dominggus Nitbani. Pria yang bermata pencaharian nelayan tersebut mengaku jika bantuan listrik gratis sangat membantu dirinya.

“Dulunya kami hanya memakai pelita sebagai penerang dan dalam sebulan bisa 15-20 liter itu pun dipasang dari pukul 7 malam sampai pukul 6 pagi, dan 1 liter 7 ribu jadi sebulan bisa 140 ribu habis beli minyak," ungkap Domi.

Baca Juga: PLN Siap Pasok Listrik 39 MVA ke Smelter Zinc Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

Berkat bantuan sambungan listrik gratis ini ia dapat menghemat pengeluaran dan anak-anaknya bisa belajar menggunakan pakai lampu yang terang.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Siap Gelar Kick Off Meeting WWF ke 10

Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:07 WIB

SBI Tuban Raih Penghargaan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:16 WIB

Kerja Keras BRI Tuai Kesuksesan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:16 WIB

KPLP Butuh Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:59 WIB
X