Seminar Jatim Talk, Ekonomi Jatim Tunjukkan Pemulihan

- Selasa, 15 November 2022 | 20:03 WIB
Para narasumber seminar Jatim Talk
Para narasumber seminar Jatim Talk

SUARAKARYA.ID: Kondisi ekonomi global diperkirakan akan tumbuh melambat dari prediksi sebelumnya karena disrupsi dari sisi permintaan akibat ketegangan politik Rusia-Ukraina. Sementara, perkembangan ekonomi Jawa Timur menunjukkan pemulihan yang signifikan ditandai dengan pemulihan sektor ekonomi utama, peningkatan mayoritas komponen PDRB dari sisi pengeluaran,

Kenyataan itu diungkap Josua Pardede selaku Chief Economist Permata Bank dalam Seminar bertajuk Jatim Talk yang digelar di Hotel Westin Surabaya, Selasa (15/11/2022). "Bayang-bayang terjadinya resesi secara global memperlambat laju pertumbuhan ekonomi dan menekan investasi dan permintaan pasar," ujarnya.

Sementara Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Rizki E Wimanda menyatakan bahwa perkembangan Ekonomi Indonesia saat ini menunjukkan pemulihan. "Kinerja Ekonomi Jawa Timur pada Triwulan III 2022 tumbuh positif sebesar 5,584 (yoy), lebih rendah dibandingkan triwulan Il 2022 (5,7696 yoy)," ujarnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Aku Bidadari Syurgamu by Siti Nurhaliza Kembali Viral Usai Dijadikan Soundtrack sinetron

Di tengah divergensi tingkat pemulihan global dan eskalasi ketidakpastian global, kata dia, memang perlu upaya ekstra untuk mendorong kinerja ekonomi Jawa Timur yang berdaya tahan dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Ungkapan senada disampaikan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Candra Fajri Ananda. Menurutnya, pemulihan ditunjukkan melalui penguatan beberapa sektor utama, pertumbuhan positif di berbagai provinsi, serta sisi konsumsi dan produksi yang cukup kuat.

Sementara di tengah risiko ketidakpastian global yang eskalatif, beberapa strategi dilakukan yaitu dengan mengoptimalkan APBN sebagai shock absorberdan penguatan efektivitas anggaran untuk peningkatan produktivitas dan daya saing.

Baca Juga: Lirik Lagu Klebus 'Langite Peteng Udane Soyo Deres' - Ngatmombilung

Pemulihan ekonomi Jawa Timur terus bergeliat dengan pertumbuhan di sektor transportasi dan pergudangan, menurunnya tingkat kemiskinan, dan pemulihan wilayah berbasis sektor primer (pertanian).

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

INPP Optimis Pendapatan Perseroan Tumbuh 20-25 Persen

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:18 WIB
X