• Selasa, 7 Februari 2023

Sempat Hampir Bangkrut, Usaha Madu Hutan di Jambi Kini Moncer di Pasar Digital Melalui Marketplace PLN Mobile

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 15:11 WIB
Foto: Humas PLN
Foto: Humas PLN

SUARAKARYA.ID: PT PLN (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) membuka peluang bisnis para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bersaing di pasar domestik dan internasional lewat Marketplace PLN Mobile dan bazar Rumah BUMN.

Salah satu UMKM binaan PLN yang merasakan manfaat ini yaitu Rumah Madu Hutan Jambi. Candra Lela, founder Rumah Madu Hutan Jambi mengatakan, dalam mengembangkan usahanya, pelaku UMKM sangat memerlukan pembinaan dan bantuan dalam hal promosi produknya.

“Kami sangat bersyukur mendapatkan pembinaan dari PLN. Kami sempat hampir bangkrut karena kesulitan memasarkan produk dan belum menguasai pemasaran. Lalu program TJSL PLN memberikan kami kesempatan untuk pelatihan marketing, pelatihan pengelolaan keuangan, dan mendapat pendampingan dari Rumah BUMN Jambi,” ungkap Candra.

Baca Juga: PLN Kerja Sama dengan Sumitomo dan Medco untuk Akselerasi Transisi Energi dan Pengembangan EBT

Menurutnya, adanya Marketplace PLN Mobile menjadi jalan bagi Rumah Madu Hutan Jambi memasarkan produknya secara online ke berbagai daerah di Indonesia, hingga meraup total omzet mencapai ratusan juta rupiah.

“Marketplace PLN Mobile menjadi salah satu kunci sukses kami bisa jualan secara online ke berbagai daerah di Indonesia. Alhamdulillah penjualan tertinggi kami sejak bergabung dengan Marketplace PLN Mobile mencapai Rp 75 juta dari Toko official dan Rp 29 jutaan dari reseller,” ungkap Candra.

Selain pemasaran secara online, Rumah Madu Hutan Jambi juga memaksimalkan penjualan offline melalui bazar yang diselenggarakan Rumah BUMN untuk memamerkan produk-produk UMKM mitra binaan. Bertempat di Rumah BUMN Jambi, penyelenggaraan Bazar UMKM Rumah BUMN Jambi menghadirkan 12 tenan mitra binaan. Bazar ini dimanfaatkan secara maksimal oleh Rumah Madu Hutan Jambi untuk promosi.

Baca Juga: 8 Upaya PLN Kurangi Emisi Karbon Diungkap dalam SOE International Conference

Bazar UMKM Rumah BUMN Jambi yang dilaksanakan pada 12 Oktober 2022 lalu dihadiri langsung oleh Istri Menteri BUMN RI, Elizabeth Tjandra dan Istri Menteri Perhubungan RI, Endang Budi Karya Sumadi.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KemenPUPR Tangani Kerusakan Bendung Oesao, Kupang

Senin, 6 Februari 2023 | 06:11 WIB

Pemerintah Siap Gelar Kick Off Meeting WWF ke 10

Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:07 WIB

SBI Tuban Raih Penghargaan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:16 WIB

Kerja Keras BRI Tuai Kesuksesan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:16 WIB

KPLP Butuh Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:59 WIB
X