SUARAKARYA.ID: Tokopedia selama semester pertama 2022 berhasil mencatatkan kenaikan jumlah transaksi dan jumlah pembeli hingga mencapai 1,5 kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Situs jual beli online ini mengklaim telah berhasil mendekatkan pembeli dan penjual terutama dari kalangan UMKM.
Menurut External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, hingga saat ini Makanan dan Minuman merupakan kategori paling dicari orang, termasuk di wilayah Kota Surabaya. "Sudah banyak UMKM makanan dan minuman yang sukses lewat Tokopedia," ujarnya, Selasa (18/10/2022).
Salah satu usaha yang usahanya terdongkrak berkat Tokopedia adalah Initial Coffee Roaster. Usaha kopi yang didirikan Ivan Hartanto bersama rekannya, Kenny Soewondo dan Kevin Soewondo kini bahkan sudah berhasil memberdayakan ratusan petani kopi lokal di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh, Jawa hingga Papua.
Baca Juga: PLN Hentikan Pasokan Listrik ke Wilayah Banjir di Kabupaten Malang
Menurut Ivan Hartanto, Initial Coffee Roaster sejak awal berdiri memang bukan didesain bukan hanya sebagai kedai kopi. "Kami ingin memberdayakan dan meningkatkan nilai tambah setiap pelaku yang berperan di rantai industri kopi, mulai dari petani kopi, prosesor kopi dan masih banyak lagi," ujarnya.
Berangkat dari misi itulah, Initial Coffee Roaster berusaha membeli biji kopi langsung dari ratusan petani kopi lokal, tanpa perantara. Mereka juga memastikan pembelian dilakukan di awal, sehingga para petani bisa memiliki modal untuk mengembangkan produktivitas lahan kopi mereka.
Berbeda dengan para pemuda di negara lain seperti di Meksiko dan Rwanda, kata Ivan, popularitas kopi di Tanah Air mendorong para pemuda Indonesia yang selama ini bekerja di kota besar, untuk kembali ke desa. Bahkan banyak sarjana yang pilih pulang kampung untuk mengembangkan kopi di daerahnya.
Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Kasmaran 'Aku Tahu Rasanya' - Pinkan Mambo
Sementara, Initial Coffee Roaster sendiri rajin mengikuti berbagai kampanye di bawah naungan inisiatif Hyperlocal Tokopedia. “Salah satunya Tokopedia NYAM!. Berkat mengikuti kampanye ini, transaksi produk best seller kami, kopi Espresso Early Riser Blend, melonjak 2 kali lipat. Bahkan produk kami bisa tembus luar Surabaya seperti Bogor, Sumbawa dan Samarinda,” lanjut Ivan.
Selain memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan omzet, Tokopedia juga membantunya meningkatkan minat peminum kopi. Pihaknya menyediakan biji kopi specialty grade buatan anak negeri sendiri.
Initial Coffee Roaster aktif melakukan edukasi tentang kopi kepada masyarakat. Salah satunya lewat Coffee Academy. “Melalui program ini, kami tidak hanya membuka pelatihan bagi masyarakat umum yang ingin belajar tentang kopi, tetapi juga bagi mereka yang ingin menjadi barista," ujarnya.
Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Bertaut 'Keras Kepalaku Sama Denganmu' - Nadin Amizah
Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 300 orang yg belajar di Premium Coffee Academy miliknya. Pihaknya juga giat berinovasi dan akan meluncurkan produk terbaru, seperti kopi celup.
Kehadiran produk tersebut berangkat dari keinginan Initial Coffee untuk terus relevan dengan kebutuhan masyarakat, terutama yang ingin menikmati kopi secara lebih praktis atau tidak memerlukan peralatan khusus.
Artikel Terkait
Tokopedia Berikan Lima Tips Berbagi Waktu antara Pekerjaan Tetap dan Usaha Sampingan UMKM
Mantap ! Kopi Takengon Aceh sampai ke Amerika Serikat, Ini Buah Pemberdayaan UMKM BRI
UMKM Bandeng Sehati Cirebon Berkembang Pesat setelah Masuk Pasar Digital Marketplace PLN Mobile