• Selasa, 7 Februari 2023

Resesi Ekonomi Global Mengancam, Wakil Ketua Komisi VI Sebut Indonesia Tak Perlu Khawatir

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 18:09 WIB
Wakil Ketua Konisi VI DPR RI Aria Bima (Endang Kusumastuti)
Wakil Ketua Konisi VI DPR RI Aria Bima (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Resesi global dan krisis ekonomi dunia yang tidak bisa diprediksi, dipastikan akan berdampak bagi banyak negara tak terkecuali Indonesia. Tetapi, meskipun terdampak, tidak perlu khawatir karena Indonesia memiliki pondasi ekonomi yang cukup kuat.

Hal ini dikatakan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI  Aria Bima di sela-sela Sosialisasi Program KUR dan Lembaga Keuangan untuk Kredit Usaha Rakyat, di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (11/10/2022).

"Saya yakin pasti akan terjadi dampaknya, tetapi tidak perlu khawatir karena kita cukup punya pondasi ekonomi yang cukup kuat," katanya.

Baca Juga: Sembilan Guru Besar Mendaftar Bakal Calon Rektor UNS

Apalagi sebanyak 99 persen struktur tenaga kerja Indonesia berada di sektor UMKM dan bukan di industri menengah dan besar. Menurut Aria Bima,  sektor UMKM akan relatif bertahan karena ada desentralisasi fiskal atau jalur uang itu berputar di daerah.

"Saya juga melihat dengannya dengan adanya dana desa,  Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), kemudian beras raskin Bulog dan Rp306 triliun untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Politik kebijakan fiskal kita sangat memberikan ruang fiskal dibawah berputar cepat," jelasnya.

Lebih lanjut Politisi PDIP itu mengatakan  dampak resesi global akan menyebabkan harga kebutuhan pokok melambung. Jika   kebutuhan pokok terganggu maka akan mendongkrak inflasi karena item-itemnya naik.  Kecenderungan hal tersebut ada tetapi, tidak perlu skeptis karena Indonesia sudah cukup teruji.

Baca Juga: NasDem Deklarasikan Capres, Politisi PDIP Khawatir Soliditas Pemerintahan Terganggu

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KemenPUPR Tangani Kerusakan Bendung Oesao, Kupang

Senin, 6 Februari 2023 | 06:11 WIB

Pemerintah Siap Gelar Kick Off Meeting WWF ke 10

Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:07 WIB

SBI Tuban Raih Penghargaan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:16 WIB

Kerja Keras BRI Tuai Kesuksesan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:16 WIB

KPLP Butuh Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:59 WIB
X