• Senin, 28 November 2022

Badan Standarisasi Nasional Dorong Produk UKM Berstempel SNI

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 23:55 WIB
Deputi Bidang Penerapan Standard dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah dan Sekda Kota Solo Ahyani saat membuka Pameran IQE ke-10 di Kota Solo (Endang Kusumastuti)
Deputi Bidang Penerapan Standard dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah dan Sekda Kota Solo Ahyani saat membuka Pameran IQE ke-10 di Kota Solo (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Badan Standarisasi Nasional (BSN) mendorong produk Usaha Mikro Kecil (UMK) memiliki stempel Standar Nasional Indonesia (SNI). Sebab, produk-produk yang sudah ber SNI sudah dijamin kualitasnya serta.concern terhadap Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L).

Menurut Deputi Bidang Penerapan Standard dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah, masyarakat juga perlu dikenalkan produk-produk yang ber SNI.

"Kalau untuk UKM, kita ada program Bina UKM. Saat ini sudah ada sekitar hampir 100.000 UMK yang kita fasilitasi. MUdah-mudahan nanti untuk usaha mikro kecil yang resikonya rendah juga konsisten menerapkan SNI dan masyarakat bisa mendapatkan produk-produk yang berkualitas," jelas Zakiyah, usai membuka  pameran Indonesia Quality Expo (IQE) ke-10 di Solo Square Mall, Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga:  Presiden Joko Widodo Disomasi Supporter Aremania Terkait Korban Tragedi Kanjuruhan Malang

Jumlah SNI Bina UMK tersebut masih sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah UMK di Indonesia yang saat ini mencapai sekitar 64 juta. Sedangkan di Kota Solo, saat ini 

ada sebanyak 85 UMK yang terdaftar, 18 UMK di antaranya sudah difasilitasi mendapatkan stempel SNI.

"Targetnya di tahun 2023 mendatang ada pertambahan sampai 86 UMK di Kota Solo yang berstempel SNI," jelasnya lagi.

Lebih lanjut Zakiyah mengatakan ada sejumlah kendala bagi UKM untuk mendapatkan SNI. Diantaranya pemahaman dari pelaku UMK terhadap SNI, selain itu juga modal untuk tetap konsisten. 

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi 6 DPR RI Dorong Sektor UMKM Tingkatkan Ekspor

Sabtu, 26 November 2022 | 22:26 WIB
X