• Senin, 28 November 2022

Airlangga Hartarto Apresiasi Kerja Sama PT KHE dengan Sumitomo untuk Pengembangan PLTA di Kaltara

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:57 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto  (Sadono )
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Sadono )

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengapresiasi penandatanganan kerja sama PT Kayan Hydro Energy (KHE) melakukan penandatangan kerja sama investasi dengan Sumitomo Corporation Jepang, untuk pengembangan PLTA berkapasitas 9.000 Megawatt yang diperkirakan menelan investasi mencapai USD 17,8 miliar (Rp 267 triliun, kurs USD = Rp 15.000).

"Setelah penandatangan kerja sama ini kita harapkan rencana pembangunan PLTA Kayan dapat segera direalisasikan,” ujar Airlangga Hartarto saat berbicara di acara penandatanganan kerja sama PT Kayan Hydro Energy (KHE) dengan Sumitomo Corporation Jepang di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga: Menko Airlangga Harapkan Forum P20 Dapat Menyelesaikan Masalah Geopolitik dalam Menghadapi Krisi Global

Hadir dalam acara ini, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Dirut PT KHE Andrew Suryali, anggota DPR RI yang juga perwakilan rakyat Kalimantan Utara  Deddy Yevri  Hanteru Sitorus,  Duta Besar Jepang untuk Indonesia, YM. Kanasugi Kenji, dan pejabat terkait lainnya.

Airlangga mengaku bangga atas kesepakatan energi terbarukan (ETB) yang dijalin bersama investor asal Jepang itu. "Uni suatu kebanggaan bagi pemerintah di mana dapat menyaksikan kerja sama antarkedua negara, antara investor Jepang yakni Sumitomo Corporation dan PT Kayan Hydro Energi," kata Airlangga.

Baca Juga: Airlangga: Pendampingan Mitra UMKM Percepat Pengentasan Kemiskinan Ekstrem

Airlangga mengungkapkan Presiden Joko Widodo sangat menaruh perhatian terhadap pengembangan energi baru terbarukan. Apalagi Presiden  sangat menaruh perhatian pada pengembangan transisi energi di Kalimantan.

Oleh karena itu, kerja sama KHE dengan Sumitomo Corporation diharapkan pula bisa mendukung upaya percepatan emisi bersih atau net zero emission.

“Untuk itu, pemerintah mendukung penuh rencana pengembangan PLTA Kayan Cascade di Bulungan Kalimantan Utara ini,” katanya.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi 6 DPR RI Dorong Sektor UMKM Tingkatkan Ekspor

Sabtu, 26 November 2022 | 22:26 WIB
X