• Senin, 28 November 2022

Ribuan Petugas Regsosek 2022 Gresik Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 08:22 WIB
  Suasana saat penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan pada petugas Regsosek 2022 Gresik
Suasana saat penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan pada petugas Regsosek 2022 Gresik

SUARAKARYA.ID: BPJS Ketenagakerjaan Gresik memberi perlindungan pada 2.018 Petugas Regsosek 2022 (Registrasi Sosial Ekonomi 2022). Perlindungan sosial ketenagakerjaan bagi petugas Regsosek yang diberikan kepada petugas lapangan, pengawas PML hingga pengawas Koseka itu, diberikan karena mereka sudah didaftarkan menjadi peserta oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Para Petugas Regsosek 2022 itu didaftarkan dalam Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan. "Ini merupakan bentuk kepedulian BPS Kabupaten Gresik untuk memberikan perlindungan kepada Petugas Regsosek 2022, sekaligus mendukung program negara dalam hal ini jaminan sosial ketenagakerjaan," ujar Kepala BPS Kabupaten Gresik, Satriyo Wibowo, SP MM, kemarin.

Dia menjelaskan bahwa tanggung jawab para Petugas Regsosek 2022 itu sangat penting untuk mewujudkan data kondisi masyarakat Gresik yang berkualitas sesuai kenyataan. Pemberian perlindungan JKK dan JK BPJS Ketenagakerjaan itu diberikan selama mereka melakukan tugas pendataan.

Baca Juga: Peringati Harpelnas 2022, BPJS Ketenagakerjaan Gresik Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Seperti diketahui, pelaksanaan pendataan awal Regsosek 2022 secara serentak, termasuk di Kabupaten Gresik tersebut akan dilakukan selama satu bulan mulai tanggal 15 Oktober 2022 hingga 14 November 2022.

Menurut Pejabat Fungsional Statistisi Madya BPS Provinsi Jatim, Drs Sunaryo MSi, data Regsosek adalah sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan.

"Keberadaan data itu sangat penting bagi pemerintah untuk pertimbangan pengambilan kebijakan. Karena itulah para petugas harus melakukan pendataan dengan sungguh-sungguh agar menghasilkan data yang valid," ujarnya.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Satru 2 'Wong Sing Tak Tresnani' - Denny Caknan feat Happy Asmara

Sementara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Gresik, M Imam Saputra, menyebutkan bahwa perlindungan bagi seluruh pekerja merupakan tanggung jawab semua pihak. Karena itulah dukungan penuh pemerintah Kabupaten Gresik dan seluruh perusahaan di Kabupaten Gresik sangat diperlukan.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi 6 DPR RI Dorong Sektor UMKM Tingkatkan Ekspor

Sabtu, 26 November 2022 | 22:26 WIB
X