• Senin, 28 November 2022

Amerta Indo LLC dan JKI Berkolaborasi Bantu UMKM 'Go International'

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:41 WIB
CEO  Amerta Indo LLC  Renny Brata Easley (duduk) dan Ketua Umum JKI Rachman AH Supit (berdiri) saat launching Amerta Indo LLC.
CEO Amerta Indo LLC Renny Brata Easley (duduk) dan Ketua Umum JKI Rachman AH Supit (berdiri) saat launching Amerta Indo LLC.
 
 
SUARAKARYA.ID: Amerta Indo LLC dan Jendela Kreatif Indonesia (JKI), bekerja sama membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa 'go international'. 
 
Kolaborasi antara Amerta Indo LLC dan JKI dimaksudkan untuk membantu mengangkat harkat produk UMKM. Agar bisa dipasarkan di sejumlah negara di luar negeri. 
 
Hal ini, dimungkinkan karena Amerta Indo LLC dan JKI sama-sama memiliki jaringan pemasaran di Amerika, Eropa, dan Asia. 
 
 
Seperti dikemukakan, CEO  Amerta Indo LLC  Renny Brata Easley, saat launching Amerta Indo LLC, di Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022), dirinya yang selama ini tinggal di Texas, Amerika Serikat sangat mengetahui, kalau warga Negeri Paman Sam itu gemar belanja online dari sejumlah negara. 
 
"Termasuk produk UMKM dari Indonesia," ujarnya. Hal itu, membuat dirinya merasa tertarik untuk melakukan sesuatu dengan produk UMKM. Sekaligus, bisa membantu memajukan produsen, para pelaku UMKM. 
 
Dia mencontohkan, sebuah tampah, sembari menunjuk wadah nasi tumpeng di hadapannya. "kalau di Indonesia. Mungkin ini biasa saja, dan harganya tidak lebih dari Rp50 ribu. Tapi, di sana harganya  bisa lebih  tinggi, karena fungsinya bisa menjadi hiasan," tuturnya. 
 
 
Hal-hal seperti itu, kata Renny, yang membuat dirinya tertarik untuk melakukan sesuatu dengan produk kita. "Ayo, kenapa nggak, lakukan sesuatu untuk produk kita," ujarnya. 
 
Menurutnya, ini sebuah peluang yang bagus sekaligis membantu sesama.  Disebutkannya, Amerta Indo LLC ini baru berjalan dua bulan. "Memang UMKM yang bergabung belum ada. Tapi, animo dari pelaku UMKM tersebut begitu antusias," ungkapnya. 
 
Ini terbukti, lanjutnya, dari kegiatan launching yang digelarnya. "Begitu kita hubungi, banyak UMKM yang ikut dalam acara ini," ucapnya. 
 
Banyak UMKM yang mengirimkan produknya, untuk dibantu pemasarannya. Karena, acara lanunching ini dihadiri pula sejumlah buyers dari USA dan Korea Selatan. 
 
 
Di bagian lain, Ketua Umum JKI Rachman AH Supit mengemukakan, ada empat persoalan yang membelit para pelaku UMKM. Yakni perizinan, permodalan, kemasan, serta pemasaran
 
Untuk itulah, lanjut dia, JKI dan Amerta Indo LLC akan bekerja sama membantu pelaku UMKM mengatasi empat masalah itu. Terkait perizinan, sesungguh pemerintah telah banyak memberi kemudahan. 
 
"Hanya masih banyak para pelaku UMKM yang belum mengerti cara mengurusnya," kata Rachman. Untuk pemasaran, imbuhnya, JKI telah mempunyai jaringan di Korea Selatan, Jepang, Inggris, Jerman, serta Amerika Serikat. 
 
 
Sedangkan, untuk dua masalah lainnya, JKI telah melakukan edukasi ke sejumlah pelaku UMKM. Seperti memberi pengetahuan untuk membuat kemasan yang baik dan menarik, serta membantu akses peningkatan permodalan.***
 
 

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi 6 DPR RI Dorong Sektor UMKM Tingkatkan Ekspor

Sabtu, 26 November 2022 | 22:26 WIB
X