• Minggu, 4 Desember 2022

Bupati Pinrang Akui Program CSA Kementan Mampu Tingkatkan Produktivitas dan Ramah Lingkungan

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:26 WIB
Program CSA Kementan tingkatkan produktivitas (Ist)
Program CSA Kementan tingkatkan produktivitas (Ist)

SUARAKARYA.ID: Sebagai penerima Program Stategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP), Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, terus mengintensifkan program peningkatan kapasitas SDM pertanian setempat yang bertujuan meningkatkan pendapata dan kesejahteraan petani.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo berharap para penerima Program SIMURP dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian. Misalnya dengan mengedepankan penggunaan air yang efisien serta tanpa bergantung pada kondisi iklim yang berubah.

Melalui pertanian cerdas iklim atau Climate Smart Agriculture (CSA) Program SIMURP, petani diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatannya. Melalui Program SIMURP diharapkan petani semakin pintar, karena SIMURP mengajarkan banyak hal kepada petani.

Baca Juga: Dugaan Pelanggaran Etik Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi

Baca Juga: Presiden Jokowi Kunjungi Korban Tragedi Kanjuruhan

Climate Smart Agriculture (CSA) atau pertanian cerdas iklim, terbukti mampu membantu ribuan para petani di daerah. “CSA berhasil melahirkan petani-petani cerdas yang mampu beradaptasi dengan kondisi iklim sekitarnya”, ujar Mentan SYL.

Terpisah, Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan Pertanian Cerdas Iklim atau CSA proyek SIMURP, memiliki dampak yang positif untuk pertanian. CSA SIMURP bisa meningkatkan produktivitas produksi tanaman dan pendapatan petani. Program SIMURP utamanya ditujukan untuk membangun resiliensi ketangguhan pertanian Indonesia terhadap kondisi iklim yang terus berubah saat ini.

"Oleh karena itu, didalam SIMURP disajikan berbagai inovasi teknologi yang betul-betul adaptif dan mitigatif terhadap perubahan iklim yang terjadi. Juga mampu beradaptasi dari cekaman biotik yaitu tahan hama penyakit, maupun abiotik yaitu kekeringan dan banjir serta intrusi air laut, ujar Dedi.

Melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang menggelar kegiatan Farmer Field Day (FFD) Climate Smart Agriculture Program SIMURP Tahun 2022 dan Penangkaran Benih Padi di Kelompok tani Sipakainga I Kelurahan Sipatokkong Kecamatan Watang Sawitto, Selasa (04/10/2022).

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penghujung Tahun, Bank Jatim Raih Penghargaan Lagi

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:48 WIB
X