• Minggu, 4 Desember 2022

Airlangga: Pendampingan Mitra UMKM Percepat Pengentasan Kemiskinan Ekstrem

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:49 WIB
Presiden Jokowi secara resmi meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas, di Gedung Smesco Jakarta, Senin (3/10/2022). (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi secara resmi meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas, di Gedung Smesco Jakarta, Senin (3/10/2022). (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan pemerintah terus melakukan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai upaya akselerasi pengentasan kemiskinan ekstrem secara lebih baik.

Hal ini disampaikan Menko Airlangga dalam acara Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas, di Gedung Smesco Jakarta, Senin (3/10/2022), yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Hadir dalam acara tersebut, Pesiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid serta Wakil Ketua Umum Kadin Koordinator II Franky Usman Wijaya.

Baca Juga: Sentil Jadwal Pertandingan Liga 1 Terlalu Malam, Gibran Buat Polling Jam Pertandingan

"UMKM telah memiliki jumlah sektor bisnis pada 2021 yang mencapai 64,19 juta dan telah berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto hingga 61,07% atau senilai Rp8.574 triliun," ungkap Airlangga dalam laporannya kepada Presiden.

Menurut Airlangga, UMKM merupakan primadona pemerintah dalam mendukung ketahanan perekonomian nasional. Oleh sebab itu, pemerintah menempuh sejumlah upaya untuk dapat mendorong kemajuan UMKM.

Salah satunya melalui pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang telah memberikan kemudahan, perlindungan, serta pemberdayaan bagi UMKM.

Baca Juga: Suharso Monoarfa Percepat Penurunan Angka Kemiskinan Melalui Regsosek

Pemerintah juga telah memberikan bantuan pembiayaan melalui KUR dengan plafon tahun 2022 sebesar Rp373,17 triliun dan tahun depan akan meningkat menjadi Rp470 triliun.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penghujung Tahun, Bank Jatim Raih Penghargaan Lagi

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:48 WIB
X