• Minggu, 4 Desember 2022

Tumbuhkan Kecintaan Sektor Pertanian, Kementan Resonansi Petani Milenial di Riau

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 12:43 WIB
Petani Milenial ikuti program Kementan (Ist)
Petani Milenial ikuti program Kementan (Ist)

SUARAKARYA.ID: Kementerian Pertanian (Kementan) telah menetapkan arah dan kebijakannya untuk fokus pada regenerasi petani muda dengan gencar mempromosikan program utama penumbuhan 2,5 juta petani milenial.

Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian menekankan bahwa SDM pertanian yang andal dapat meningkatkan bobot pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, kapasitas dan kualitas petani dan penyuluh sebagai ujung tombak kegiatan pertanian harus terus ditingkatkan.

Senada dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa regenerasi petani mutlak harus dilakukan.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Penggunaan Gas Air Mata Jadi Sorotan Dunia, Aturan FIFA Dilanggar

Baca Juga: Covid-19 Mereda, Jokowi Isyaratkan Indonesia akan Nyatakan Pandemi Berakhir

“Petani milenial mempunyai peran yang sangat penting di dalam pembangunan pertanian. Mereka sebagai pelopor, teladan dan sebagai contoh kepada generasi muda yang lain untuk terjun di dunia pertanian,” ungkap Dedi.

Menindaklanjuti arahan tersebut Idha Widi Arsanti selaku Kepala Pusat Pendidikan Pertanian terus geliat dalam mengajak kaum petani muda untuk terjun di bidang bisnis pertanian, salah satunya melalui resonansi yang dilakukan di Provinsi Riau.

Mengawali hari Minggu pagi (02/10) Idha mengikuti rangkaian kegiatan car free day (CFD) yang biasa digelar pada hari Minggu pagi di jalan Cut Nyakdin, Pekanbaru.

Kegiatan ini diiringi talkshow yang turut dihadiri oleh Kepala Bidang Pangan Dinas Tanaman Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Young Ambassador Program YESS, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru bekerja sama dengan Pijar Bertuah.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penghujung Tahun, Bank Jatim Raih Penghargaan Lagi

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:48 WIB
X