• Kamis, 1 Desember 2022

Ciptakan Pertanian Kokoh, Kementan Tanamkan Orientasi Bisnis pada Petani Millenial

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:27 WIB
Petani milenial Kementan (Ist)
Petani milenial Kementan (Ist)

SUARAKARYA.ID: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta seluruh insan pertanian untuk menciptakan pertanian yang kokoh mendukung ketahanan bangsa.

"Pertanian yang kokoh dibutuhkan karena pertanian merupakan penyedia utama bahan pangan sekaligus lapangan pekerjaan, bahkan menyokong kestabilan ekonomi," tutur Mentan beberapa waktu lalu.

Mentan mengatakan, capaian pembangunan pertanian telah mengukir prestasi yang sangat membanggakan.

Baca Juga: Lirik Lagu Gugur Bunga Ciptaan Ismail Marzuki, Mengharukan

Baca Juga: Akun Twitter Najwa Shihab Diserang Hacker  Setelah  Konflik  Dengan Nikita Mirzani

"Yaitu keberhasilan mencapai swasembada beras. Ini dibuktikan dengan tidak adanya impor beras selama 3 tahun terakhir. Prestasi yang mendapat pengakukan dari Food and Agriculture Organization (FAO) dan
International Rice Research Institute (IRRI)," katanya.

Menurut Mentan, keberhasilan ini merupakan hasil kerja bersama, prestasi
seluruh insan pertanian. Dalam kesempatan itu, Mentan SYL mengatakan peningkatan produksi dan produktivitas pertanian dimulai dari perdesaan.

"Sebab, sebagian besar budidaya pertanian dan peternakan dilakukan di desa. Dengan demikian, penguatan usaha tani dan kapasitas SDM di perdesaan mutlak dibutuhkan", tutur pria yang akrab disapa SYL ini.

Salah satu program yang memfokuskan pada masyarakat khususnya pemuda pemudi di pedesaan adah Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS). Program YESS merupakan sinergi antara Kementan dalam hal ini Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dengan Internasional Fund of Agriculture Development (IFAD) untuk menjadi solusi dalam menciptakan regenerasi di bidang pertanian.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Nusantara Power Gelar Aksi Tanam Pohon Serentak

Selasa, 29 November 2022 | 20:26 WIB

Telkom Indonesia Raih Penghargaan di Ajang GCSA 2022

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB
X