• Kamis, 1 Desember 2022

Masih Banyak Pelaku UMKM di Boyolali Enggan Ajukan KUR

- Jumat, 30 September 2022 | 21:48 WIB
Sosialisasi program KUR dan lembaga keuangan untuk Kredit Usaha Rakyat yang dilaksanakan Bale Rakyat Aria Bima  (Endang Kusumastuti)
Sosialisasi program KUR dan lembaga keuangan untuk Kredit Usaha Rakyat yang dilaksanakan Bale Rakyat Aria Bima (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Masih banyak pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Boyolali  yang belum mendapatkan akses perbankan. Sebagian diantara mereka juga enggan mengajukan kredit ke bank karena tidak mau ribet untuk proses pengajuan.

"Pelaku UMKM kebanyakan tidak mau berbelit-belit sehingga mereka enggan untuk mengajukan kredit ke bank. Selain itu dari pihak bank nya sendiri juga belum maksimal untuk menyalurkan kredit ke pelaku UKM," jelas Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Boyolali, Karsino, saat acara Sosialisasi Program KUR dan Lembaga Keuangan untuk Kredit Usaha Rakyat yang diselenggarakan Bale Rakyat Aria Bima dan Yayasan Bangun Watak di Front One, Boyolali, Jumat (30/9/2022).

Di Boyolali ada sekitar 8.000 UMKM yang terdaftar di Disdagperin. Menurut Karsino, jumlah tersebut meningkat pasca pandmei Covid-19 lalu.

Baca Juga: BRI Mencari Digital Talent Terbaik, Bersama Menuju Perusahaan Kelas Dunia

"Data tidak statis selalu dinamis, dulu sebelum pandemi jumlahnya banyak tetapi saat pandemi hilang dan sekarang sudah mulai banyak lagi," jelasnya lagi.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima meminta kepada pelaku UKM untuk melihat pasar yang terus berubah. Di era teknologi seperti saat ini, pilihan bagi konsumen semakin banyak.

"Misal produk makanan, konsumen juga pasti akan melihat kemasannya juga. Selain itu di promosinya, bisa juga ada proses pembuatannya," papar politisi PDIP itu.

Baca Juga: Mobil Listrik Ababil Evo III UMS Siap Berkompetisi di Shell Eco-marathon 2022. 

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Nusantara Power Gelar Aksi Tanam Pohon Serentak

Selasa, 29 November 2022 | 20:26 WIB

Telkom Indonesia Raih Penghargaan di Ajang GCSA 2022

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB
X