• Kamis, 1 Desember 2022

Airlangga: Sinergi dan Kerja Sama Pemerintah Pusat dan Daerah Penting untuk Kendalikan Inflasi

- Jumat, 30 September 2022 | 15:25 WIB
Airlangga: Sinergi dan Kerja Sama Pemerintah Pusat dan Daerah Penting untuk Kendalikan Inflasi. (Kemenko Ekonomi)
Airlangga: Sinergi dan Kerja Sama Pemerintah Pusat dan Daerah Penting untuk Kendalikan Inflasi. (Kemenko Ekonomi)

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, dalam mengendalikan inflasi, stabilitas harga dan daya beli masyarakat di Indonesia, dibutuhkan sinergi dan kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah.

"Sinergi dari TPIP dan TPID terus dilakukan melalui berbagai langkah dan program, yang bertujuan untuk menjaga keterjangkauan harga, memastikan ketersediaan pasokan, dan menjamin kelancaran distribusi,” ungkap Airlangga, yang juga Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP), Jumat (30/9/2022).

Menurut Airlangga, pentingnya sinergi dan kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah sejalan dengan arahan Presiden Jokowi saat memberikan arahan para kepala daerah, di JCC, Jakarta, Kamis (29/9/2022),

Baca Juga: Pertamina Berkomitmen Distribusi BBM Subsidi ke Penjuru Daerah

Pemerintah pusat berupaya untuk menjaga kondisi perekonomian Indonesia tetap terkendali. Untuk itu, kerja sama antara pusat dan daerah agar tingkat inflasi, stabilitas harga dan daya beli masyarakat tetap terjaga.

Airlangga menjelaskan, antara pusat dan daerah harus bekerja sama menjaga produksi dan pasokan bahan pokok. Sebagai contoh, jika kondisi pasokan cabai merah berkurang yang membuat harga melonjak tinggi, daerah memiliki tugas mengajak petani setempat menanam cabai untuk memenuhi pasokan.

“TPIP dan TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) harus terus mengidentifikasi wilayah surplus dan defisit, serta menjadi fasilitator yang baik, untuk mendorong kerja sama antardaerah dalam upaya pengendalian inflasi,” ujar Airlangga.

Baca Juga: Biodata Imam S Arifin, Pedangdut yang Ikut Trending Gara-gara Putrinya Terlibat Curanmor

Selain itu, pemerintah daerah juga diminta mengurusi ongkos transportasi dari lokasi produksi ke pasar. Ongkos distribusi ini bisa ditanggung oleh APBD, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Nusantara Power Gelar Aksi Tanam Pohon Serentak

Selasa, 29 November 2022 | 20:26 WIB

Telkom Indonesia Raih Penghargaan di Ajang GCSA 2022

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB
X