• Minggu, 4 Desember 2022

Industri Ekspor Mebel Indonesia Masih Andalkan 20-25 Persen Bahan Baku dari Impor

- Jumat, 30 September 2022 | 07:12 WIB
Sejumlah stakeholder menghadiri FGD ketahanan bahan baku mebel dan kerajinan tangan di Solo (Endang Kusumastuti)
Sejumlah stakeholder menghadiri FGD ketahanan bahan baku mebel dan kerajinan tangan di Solo (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Indonesia masih mengandalkan 20-25 persen kebutuhan bakan baku mebel dari luar negeri. Kebutuhan bahan baku komoditas mebel untuk ekspor saat ini mencapai 7 - 8 juta meter kubik kayu. Dengan nilai ekspor mebel mencapai 3,4 miliar dolar AS. 

"Produksi mebel dari Indonesia saat ini masih di bawah Malaysia, tetapi untuk mebel dan kerajinan tangan kita di atas Malaysia tapi di bawah Vietnam. Padahal luasan lahan hutan di Indonesia nomor tiga di dunia, harusnya bahan baku tidak menjadi hambatan," jelas Ketua Presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki), Abdul Sobur, di sela-sela acara Forum Discussion Group (FGD) terkait ketahanan baku baku mebel di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2022).

Menurut Sobur, untuk mengatasi hambatan terhadap bakan baku industri mebel dibutuhkan koordinasi dari stakeholder dan pemerintah. Hal ini agar suplai bahan baku ke industri dapat terencana dengan baik.

Baca Juga: Penanaman 18.000 Bibit Mangrove, Benteng  Alam Terhadap Bencana

"Dapat terkondisikan supaya industrinya mengalami pertumbuhan, tidak ada lagi hambatan-hambatan yang masalahnya teknis. Seperti masalah  bahan baku, seperti kayu, rotan, dan lainnya," jelasnya lagi.

Wakil Ketua Umum Bidang Inovasi Bahan Baku dan Bahan Penunjang Himki Adi Dharma Santoso menambahkan saat ini industri mebel terutama pasar ekspor mulai mengalami hambatan untuk bahan baku kayu.

"Ada banyak faktor kesulitan bahan baku salah satunya karena volume ekspor kita juga naik. Tahun 2024 kita targetkan volume ekspor kita mencapai 5 miliar dollar AS dan yang kita butuhkan bahan bakunya mencapai 11-12 juta meter kubik," kata Adi.

Baca Juga: Hadirkan Efek Positif Bagi Warga, Erick Thohir Pastikan F1 H2O di Danau Toba

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penghujung Tahun, Bank Jatim Raih Penghargaan Lagi

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:48 WIB
X