• Minggu, 4 Desember 2022

Berhasil Dorong Digitalisasi Pertanian Lewat Program Petani Milenial, Negara G20 Apresiasi Kementan

- Kamis, 29 September 2022 | 13:42 WIB
Program Petani Milenial Kementan (Ist)
Program Petani Milenial Kementan (Ist)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo menaruh harapan tinggi pada sektor pertanian, terutama pada SDM pertanian. "Petani harus menjadi profesi yang menjanjikan, profesi yang menyejahterakan, dan kita harus membuat generasi muda lebih berminat menjadi petani”, tegas beliau.

Gerak cepat mewujudkan harapan Presiden, program Petani Milenial besutan Kementerian Pertanian yang saat ini telah berhasil menjangkau hampir 1 juta pemuda dan pemudi Indonesia.

Capaian ini pun diapresiasi oleh negara-negara G20 sebagai sebuah terobosan pengembangan Sumber Daya Manusia muda Indonesia dalam sektor pertanian. Pujian tersebut disampaikan langsung oleh beberapa perwakilan Negara G20, dalam sebuah acara sampingan rapat G-20 di Hotel Intercontinental, Jimbaran, Bali.

Acara yang bertajuk "Global Forum on Digital Agriculture Transformation in Accelerating Women and Youth Entrepreneurship” tersebut, merupakan awal dari rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Pertanian (AMM) G20.

Baca Juga: Berkas Kasus Ferdy Sambo Dinyatakan Lengkap, Polri: Bukti Komitmen Usut Tuntas Pembunuhan Brigadir J

Baca Juga: Lirik Lagu Bagimu Negeri Ciptaan Kusbini

Salah satu yang melontarkan Pujian tersebut adalah David Davies, yang mewakili sebuah perusahaan rintisan dalam bidang teknologi Pertanian asal Australia: Agunity. Menurut Davies, harusnya seluruh negara G20 lain mengambil langkah kongkrit dengan terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, melalui program petani milenial ini.

Adapun Forum yang merupakan acara Sampingan Pertemuan Tingkat tinggi para Menteri pertanian yang akan digelar hingga 29 September ini, akan membahas prioritas, aksi dan kemitraan mengenai peran perempuan dan pemuda dalam digital dan kewirausahaan pertanian.

Gubernur Bali I Wayan Koster, Menteri Pertanian Bapak Syahrul Yasin Limpo dan Direktur Utama FAO (Lembaga Pangan dan Pertanian PBB) Qu Dongyu, Ron Thomas Hartman Direktur IFAD untuk Keterlibatan Global, Kemitraan dan Mobilisasi Sumber Daya hadir untuk membuka kegiatan yang diadakan di daerah Jimbaran tersebut.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penghujung Tahun, Bank Jatim Raih Penghargaan Lagi

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:48 WIB
X