• Rabu, 30 November 2022

Banggakan Produk Lokal Jadi Kampiun Dunia, Irwan Hidayat Raih Lifetime Achievement Award IBF 2022

- Kamis, 29 September 2022 | 00:09 WIB
Diakui banggakan produk lokal jadi kampiun dunia, Irwan Hidayat raih Lifetime Achievement Award IBF 2022 (AG Sofyan )
Diakui banggakan produk lokal jadi kampiun dunia, Irwan Hidayat raih Lifetime Achievement Award IBF 2022 (AG Sofyan )
 
 
SUARAKARYA.ID: Diakui banggakan produk lokal kampiun dunia, Irwan Hidayat diganjar Lifetime Achievement Award Indonesia Brand Forum (IBF) 2022.
 
Ajang bergengsi dan memiliki kualifikasi tinggi, IBF ini telah memutuskan memberikan penghargaan Lifetime Achievement Award kepada salah satu pemilik korporasi besar dan juga sebagai Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi SidoMuncul Tbk, Irwan Hidayat, pada acara IBF Conference 2022 yang berlangsung di  Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Selasa (20/9/2022).
 
Sebagai "juru taktik" SidoMuncul, Irwan Hidayat dinilai berhasil membawa SidoMuncul berkembang pesat hingga saat ini. Menjadi kekuatan lokal dan siap menjadi kampiun global.
 
 
Irwan Hidayat dinilai Tim IBF dalam 3-4 dekade terakhir telah menjadi sosok yang lekat dengan brand building yang mengangkat merek lokal, dalam hal ini terutama produk-produk jamu SidoMuncul seperti Tolak Angin, Kuku Bima, STMJ, ke panggung terhormat, menjadi merek pilihan, yang bukan hanya diterima konsumen lokal, tapi juga diekspor ke mancanegara lantaran pasar dunia juga menyukai produk SidoMuncul.

Program Director IBF Yuswohady mengatakan, penghargaan diberikan karena Irwan mampu membangun corporate brand dan product brand SidoMuncul layak diacungi jempol. Upaya Irwan dalam hal tersebut berhasil membuahkan brand equity yang kuat di pasaran.

Selain itu, kata Yuswohady, dedikasi Irwan dalam memajukan merek lokal di tengah gempuran merek global merupakan upaya yang luar biasa dan patut diapresiasi.

Baca Juga: Irwan Hidayat: Komitmen Dan Keyakinan Mendahului Keberhasilan

“Kami telah melakukan riset terhadap SidoMuncul. Hal yang kami dapatkan adalah Irwan Hidayat sebagai brand builder SidoMuncul mampu secara konsisten memasarkan produknya secara kreatif, tahun demi tahun. Indonesia perlu sosok seperti beliau,” ujarnya.

Indonesia perlu sosok-sosok seperti Irwan Hidayat sebagai local hero namun bisa jadi kampiun dunia.
 
“Kemampuan Pak Irwan Hidayat dalam membangun corporate brand SidoMuncul berikut sejumlah product brand-nya sehingga memiliki brand equity yang kuat di pasar, merupakan sesuatu yang patut mendapat apresiasi. Terlebih, hal tersebut dilakukan secara konsisten, melewati tahun demi tahun, lintas waktu, lintas usia, lintas gender bahkan lintas batas, dan dikomunikasikan secara kreatif,” ujar Yuswohady.
 
 
Yuswohady berkata pertumbuhan merek-merek produk SidoMuncul, harus diakui tak bisa dilepaskan dari kemampuan branding yang dijalankan Irwan Hidayat
 
Dedikasi sulung dari 5 bersaudara (Irwan Hidayat, J Sofjan Hidajat, Johan Hidayat, Sandra Hidayat, dan David Hidayat) anak dari mendiang Jahja dan Desi Hidayat, selaku generasi kedua SidoMuncul ini dalam memajukan brand-brand lokal di tengah gempuran global brand, merupakan sesuatu yang luar biasa, extraordinary, yang layak diberikan apresiasi. 
 
Indonesia Brand Forum (IBF) sendiri adalah wadah para pemerhati, penggiat, dan pendorong majunya merek-merek lokal.
 
 
"Dihelat secara tahunan, IBF menjadi panggung bagi brand-brand Indonesia dan yang berkiprah di Tanah Air, dalam mempromosikan inovasi yang mereka lakukan untuk bersaing dengan global brand, serta menjadi tuan rumah di negeri sendiri," jelas  Yuswohady.
 
Kali ini, IBF 2022 menetapkan kolaborasi sebagai tema sentral. Mengusung topik “Brand Collab Champion – Winning Thru Coopetition Not Competition”, IBF 2022 menekankan bahwa dalam kondisi mutakhir, kian tampak dunia bisnis makin mengarah pada penguatan ekosistem di setiap industri, yang membutuhkah kolaborasi agar bisa menjadi pemenang.
 
 
Penganugerahan Lifetime Achievement Award kepada Irwan Hidayat merupakan tradisi dalam IBF sekaligus jadi satu mata acara dalam IBF 2022. Sedangkan yang lainnya adalah IBF Conference, IBF Awarding, dan Book Launching berjudul “Brand Collab Advantage”.
 
Yuswohady kembali berharap brand-brand Indonesia bisa terus menampilkan kinerja yang baik sehingga mampu tumbuh berkesinambungan. Bahkan tidak hanya bisa berjaya di pasar lokal, melainkan juga di pasar global. 
 
Campur Tangan Tuhan
 
Irwan Hidayat sendiri saat menerima award mengungkapkan kegembiraan, kebahagiaan, suka cita serta tentu rasa syukurnya atas kehendak Tuhan karena pengakuan ini adalah adalah campur tangan Tuhan, SidoMuncul bisa memberikan berkat kepada semua orang.
 
 
Direktur SidoMuncul Irwan Hidayat menjawab pertanyaan Yuswohady selaku Program Director IBF dalam IBF Conference 2022 yang mengukuhkan Bos SidoMuncul ini dianugerahi Lifetime Achievement Award IBF 2022 (AG Sofyan )

Irwan juga mengucapkan terima kasih kepada IBF dan dewan juri yang telah memberikan penilaian sehingga dirinya mendapatkan penghargaan. 

Ia berharap, penghargaan yang ia raih dapat memicunya untuk melakukan banyak hal yang lebih baik lagi.

“Penghargaan ini tentu saja sangat berarti dan menjadi sebuah pengakuan atas apa yang kami di SidoMuncul lakukan. Yang ingin kami tegaskan, produk-produk SidoMuncul yang merupakan warisan kearifan nenek moyang kita, sejatinya juga tak bisa kami hadirkan tanpa kolaborasi dengan banyak pihak. Mulai dari pemasok, distributor, biro iklan, dan tentunya konsumen yang terus memberikan input-input berharga. Jadi, sesungguhnya, penghargaan ini merupakan kemenangan untuk kita semua, dan pastinya juga brand-brand lokal yang terus mendukung kami agar bisa eksis di tengah persaingan yang makin ketat. Terima kasih untuk semua apresiasi yang diberikan tim IBF,” ucap influencer sekaligus sociopreneur ini.
 

Pada kesempatan tersebut, Irwan juga membeberkan perjalanannya selama berada di SidoMuncul.

Cucu pertama pendiri SidoMuncul, Ny Rahkmat Sulistio ini, menuturkan merek yang didirikan oleh neneknya pada 1951 tersebut berasal dari usaha rumahan di Yogyakarta.

Irwan yang sudah tinggal bersama neneknya sejak 1949 pun ikut hadir saat perusahaan tersebut didirikan. Saat itu, ia masih berusia empat tahun. 

Baca Juga: Lirik Lagu Yalal Waton Karya KH Wahab Chasbullah

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Nusantara Power Gelar Aksi Tanam Pohon Serentak

Selasa, 29 November 2022 | 20:26 WIB

Telkom Indonesia Raih Penghargaan di Ajang GCSA 2022

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB
X