• Minggu, 4 Desember 2022

Diikuti 34 Provinsi, Pameran Kriya Nusa 2022 Kenalkan Teknik Eco Dye pada Textil

- Selasa, 27 September 2022 | 06:50 WIB
Pameran Kriyanusa 2022 diselenggarakan Dekranas di JCC salah satunya menampilkan Teknik Eco Dye. (istimewa )
Pameran Kriyanusa 2022 diselenggarakan Dekranas di JCC salah satunya menampilkan Teknik Eco Dye. (istimewa )

SUARAKARYA.ID:  Pameran Kriyanusa 2022 yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), berlangsung semarak.

Sebanyak 216 peserta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di 34 Provinsi mengikuti Pameran Kriyanusa 2022 pameran yang digelar di Hall A Balai Sidang Jakarta Covention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat 21-25 September 2022.

Dalam siaran persnya, Senin (26/9/2022), salah satu peserta dari Dekranasda DKI Jakarta, Eva mengatakan adanya pameran Kriyanusa 2022 ini memberikan kesempatan bagi dirinya untuk mengenalkan teknik Ecodye pada tekstil kepada pengunjung. Pemilik "AdelaEcodye" ini menggeluti bidang fashion dengan teknik Ecodye sejak tahun 2018 lalu.

Baca Juga: Standar Pelayanan di Terminal II Bandara Juanda Dinilai Buruk, Bambang Haryo : Kemenhub Harus Dikelola Orang

Saat itu, dirinya mengaku jenuh dengan banyaknya pakaian yang menggunakan bahan-bahan kimia. Sebab menurutnya, adanya bahan tersebut dapat merusak lingkungan sekitar.

"Saya dari tahun 2018 memulai jadi Jakpreneur. Selain bisnis, saya juga berbagi ilmu tentang ecodye ini. Saya ingin mengedukasi masyarakat bahwa dengan pewarna alami, otomatis kita bantu menjaga lingkungan," kata Eva saat berada di boothnya A3 Hall A Balai Sidang JCC, Senayan, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Museum Basoeki Abdullah Gelar BAAA, Upaya Terus Jadi Bagian Pewacanaan Karya Sang Maestro 

Ia melanjutkan, berbagai macam tumbuhan dapat menghasilkan warna-warna alami. Seperti warna biru yang dihasilkan dari tanaman indigofera. Apabila ia menginginkan warna biru yang pekat, dirinya akan merendam kain putih sekitar 20 kali selama kurang lebih 10 hari untuk menghasilkan warna biru yang pekat.

"Pertama, kain-kain putih ini saya cuci terlebih dahulu agar terbebas dari bahan-bahan kimia. Setelah itu kita rebus selama satu jam, kita keringkan satu hari satu malam. Baru kita bisa melakukan proses ecodye itu. Proses dari kain putih sampai jadi kira-kira sekitar 10 hari," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penghujung Tahun, Bank Jatim Raih Penghargaan Lagi

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:48 WIB
X