• Minggu, 4 Desember 2022

Sharing Sucsess Story, 3 Wirausaha Muda Pertanian Pikat Millenial di Jatim

- Minggu, 25 September 2022 | 11:15 WIB
Berbagi sukses bersama program Kementan (Ist)
Berbagi sukses bersama program Kementan (Ist)

SUARAKARYA.ID: Permasalahan regenerasi petani di Indonesia bertahap mulai bisa teratasi. Pelan namun pasti Kementerian Pertanian (Kementan) terus meningkatkan minat generasi muda untuk menekuni sektor pertanian.

Mulai dari pendidikan vokasi, pelatihan vokasi, penumbuhan wirausaha muda Pertanian (PWMP), Kostratani, DPM/DPA hingga Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) menjadi program andalan Kementan untuk meningkatkan regenerasi petani di Indonesia.

Di tahun 2022 ini, Kementan telah mengukuhkan 15 Young Ambassador program YESS. Tak hanya fokus pada usaha yang mereka kelola masing-masing, para Young Ambassador juga berkomitmen untuk meresonansi generasi muda lainnya untuk bersama meningkatkan pembangunan pertanian di Indonesia.

Baca Juga: Lirik Lagu Bagimu Negeri Ciptaan Kusbini

Baca Juga: Pernyataan Tajudin Tabri bahwa Ada Desakan Warga Krukut Dibenarkan Para Tokoh Masyarakat

"Sebagai Young Ambassador, wajib mempromosikan dunia pertanian untuk meningkatkan citra dan memotivasi kaum muda back to agriculture. Ingat pangan adalah kebutuhan pokok dan dibutuhkan manusia setiap hari. Kita membutuhkan petani dan wirausahawan pertanian dan 10 hingga 20 tahun ke depan, masa depan kita di tangan mereka", ujar Dedi Nursyamsi selaku Kepala BPPSDMP pada saat pengukuhan beberapa waktu lalu.

Hal itu sejalan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meyakini generasi milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

Kali ini, M Tanfidzul Khoiri asal Madiun, Wahyu Candra asal Tulungagung, Nyke Pebri Dwi Lestari asal Banjarbaru Kalsel serta Akmal kamarudin asal Maros Sulsel berkesempatan untuk mengunjungi beberapa wilayah di Jawa Timur pada 22 – 24 September 2022.

Sebagai salaj satu mentor magang bersertifikat, M Tanfidzul Khoiri mengapresiasi program penumbuhan wirausaha muda yang bergerak di bidang pertanian ini. "Program ini bagus, maka dari itu perlu disupport sehingga tepat sasaran sesuai tujuan.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penghujung Tahun, Bank Jatim Raih Penghargaan Lagi

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:48 WIB
X