• Senin, 28 November 2022

Lakukan Resonansi, Young Ambassador Program Regenerasi Kementan Berbagi Kiat Bisnis

- Sabtu, 24 September 2022 | 18:44 WIB
Regenerasi Kementan berbagi kiat bisnis (Ist)
Regenerasi Kementan berbagi kiat bisnis (Ist)

SUARAKARYA.ID: Untuk menggerakkan sektor pertanian, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang andal. SDM pertanian saat ini pun harus adaptif dan inovatif dalam mengadapi perkembangan teknologi maupun digitalisasi.

Untuk itu, melalui program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS), Kementan bersama IFAD berupaya menciptakan dan membentuk petani menjadi wirausaha muda yang kreatif dan inovatif.

Hal ini sejalan dengan amanat Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang mengharapkan, inovasi teknologi revolusi industri 4.0 dan society 5.0 program YESS diupayakan menarik minat generasi muda menumbuh kembangkan sektor pertanian.

Baca Juga: Truk Fuso dan Mobil Elf Tabrakan, Lima Meninggal di KM 438 Tol Bawen - Ungaran

Baca Juga: Manfaat Remas Payudara Bagi Kesehatan Wanita

"Sumber Daya manusia (SDM) memegang peran sangat penting dalam pembangunan pertanian. Untuk itu Kementan menargetkan 2,5 juta petani milenial untuk mengisi serta mengembangkan sektor pertanian," tegas Mentan Syahrul.

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menjelaskan “Program YESS ini mampu menciptakan kesempatan bagi kaum muda pedesaan untuk menjadi pengusaha tani. Dengan demikian maka akan mendukung program penumbuhan 2,5 juta petani milenial yang dicanangkan Kementerian Pertanian”, ujarnya.

Baru-baru ini, Young Ambasador (YA) Program YESS melakukan resonansi kepada generasi millenial di kabupaten Magelang serta Jogyakarta. Dalam kunjungan yang dimulai pada 18 hingga 22 September 2022, 3 orang YA program YESS yakni Rayndra Syahdan Mahmudin, Ade Putra Daulay serta Nurul Ihsani melakukan kunjungan di KUB Unggul Mulyo Magelang, Bank Bapas Magelang hingga menemui mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa).

Nurul Insani dan Ade Putra Daulay pun berkesempatan sharing terkait statregi pemasaran digital serta langkah-langkah dalam membangun korporasi petani pada seminar yang diikuti oleh petani melinial magelang serta beberapa UMKM Binaan Pemerintah Kabupaten Magelang dan Bank BAPAS 69 Magelang.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi 6 DPR RI Dorong Sektor UMKM Tingkatkan Ekspor

Sabtu, 26 November 2022 | 22:26 WIB
X