• Jumat, 7 Oktober 2022

Kementan Cetak Mobilizer Muda Aktif dalam Pengelolaan Irigasi Melalui KEP Program CSA

- Jumat, 23 September 2022 | 14:39 WIB
Program CSA Kementan cetak mobilizer muda (Ist)
Program CSA Kementan cetak mobilizer muda (Ist)

 

 

SUARAKARYA.ID: Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong pertanian berkelanjutan demi meningkatkan kesejahteraan petani serta mendorong pera para petani muda agar aktif dan menjadi penggerak dalam perekonomian pertanian di Indonesia.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan dengan pengelolaan irigasi maka berdampak pada meningkatnya produktivitas pertanian. "Efek yang langsung dirasakan petani adalah penambahan Indeks Pertanaman (IP) yang semula hanya satu kali setahun, bisa menjadi dua kali atau lebih dalam setahun", ujarnya.

Mentan SYL juga meminta agar SDM pertanian ditingkatkan untuk mendukung pembangunan pertanian. Hal ini penting karena SDM adalah kunci pembangunan pertanian,” kata Syahrul.

Baca Juga: Si Wanita Emas, Hasnaeni Tersangka Korupsi Kejagung, dari Artis Jadi Pengusaha

Baca Juga: Penasihat Hukum RR Sebutkan Klien Dibriefing Dulu Ferdy Sambo Dengan Skenario Pembunuhan Versinya

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengungkapkan bahwa Program SIMURP bertujuan meningkatkan produktivitas pertanian melalui peningkatan produktivitas per satuan waktu dan produktivitas per satuan luas. Irigasi berpengaruh terhadap lebih dari 40% produksi pertanian.

Adanya jaringan irigasi dapat menambah luas lahan sawah yang terairi. Dengan volume yang sama, air yang dialirkan dapat mengairi sawah lebih luas, karena air tersebut terdistribusi secara efisien, ujarnya.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X