Public Expose, Pertumbuhan Kredit Bank Jatim Didominasi Sektor UMKM

- Selasa, 13 September 2022 | 21:07 WIB
Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman (kiri)
Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman (kiri)

SUARAKARYA.ID: Bank Jatim (PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur) mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif atau tumbuh 5,24 persen, sebesar Rp45,04 triliun. Pertumbuhan kredit itu didominasi oleh sektor UMKM yang tumbuh 16,09% (YoY) atau mencapai Rp5,53 triliun.

Catatan kinerja itu disampaikan oleh Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman, dalam Public Expose untuk memaparkan kinerja perusahaan berkode emiten BJTM ini, sebagai bentuk keterbukaan atau transparansi. Kegiatan dilaksanakan secara virtual di Kantor Pusat Bank Jatim Surabaya, Selasa (13/9/2022).

"Pertumbuhan kredit UMKM yang tinggi ditopang pertumbuhan KUR. Kami mendapatkan alokasi KUR sebesar Rp2 triliun, dan Alhamdulillah sampai dengan posisi terakhir sudah mencapai Rp1,85 triliun. Artinya tinggal sedikit lagi pencapaian hingga akhir tahun," ujarnya.

Baca Juga: Bank Jatim Kembali Raih Indonesia di Ajang Top Bank Awards 2022

Pihaknya optimis target itu akan akan tercapai, karena potensi UMKM di Jawa Timur masih sangat besar sekitar kurang lebih 9 juta UMKM.

Sementara kredit komersial juga tumbuh 4,73% atau tercatat Rp11,42 triliun dan kredit di sektor konsumsi yang tumbuh 3,54% atau tercatat Rp28,09 triliun. Komposisi rasio keuangan Bank Jstim periode Agustus 2022antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 15,88%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,06%, dan Return On Asset (ROA)1,97%.

Selama pandemi yang berjalan kurang lebih hampir 2 tahun, kat adia, pertumbuhan ekonomi Indonesia sempat mengalami kontraksi, tapi Indonesia berhasil keluar dari keadaan tersebut dan mulai mengalami pertumbuhan.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Lenggang Puspita 'Oh Dara' - Afgan

Pada masa pasca pandemi, Bank Jatim terus menunjukkan kinerja yang positif dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year/YoY).

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SDM Unggul Kunci Utama Pembangunan Pertanian

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:36 WIB
X