• Selasa, 7 Februari 2023

Menko Airlangga: Indonesia-India Perkuat Kerja Sama, Sepakat Dorong Partisipasi di IPEF

- Senin, 12 September 2022 | 12:32 WIB
Menko Airlangga dan Menperin India Piyush Goyal di forum IPEF, Los Angeles, AS. (Kemenko Ekonomi)
Menko Airlangga dan Menperin India Piyush Goyal di forum IPEF, Los Angeles, AS. (Kemenko Ekonomi)

SUARAKARYA.ID: Indonesia dan India secara domestik terus mengkaji berbagai manfaat dari kerja sama regional dalam Forum Indo Pacific Economic Framework (IPEF) di Los Angeles-, AS, yang ditutup, Jumat (9/9/2022).

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pertemuan dengan Menteri Perdagangan dan Industri Republik India Piyush Goyal di Los Angeles, AS setelah penutupan Forum IPEF, Jum’at (9/9/2022).

Menurut Menko Airlangga, Pemerintah Indonesia mengimplementasikan kebijakan yang menyeimbangkan aspek kesehatan, sosial, dan ekonomi untuk mengatasi dampak akibat pandemi.

Baca Juga: Deri Protocol Ajak Developer Bangun DApps di Platformnya

Berkat kebijakan tersebut, perekonomian Indonesia tercatat mampu tumbuh mencapai sebesar 5,01% (yoy) pada kuartal pertama 2022 dan 5,44% (yoy) pada kuartal kedua 2022, serta diproyeksikan akan tumbuh pada kisaran 4,5%-5,3% pada penutupan tahun ini.

Tren positif ini diikuti dengan pulihnya beberapa indikator ekonomi, seperti konsumsi masyarakat, peningkatan investasi baik PMDN maupun PMA, termasuk dari sektor eksternal di mana surplus dalam neraca perdagangan terus berlanjut yang tercatat sebesar 7,23 miliar.

"Pencapaian ini tentu saja berkat kerja sama yang erat antara Indonesia dengan banyak partner country, termasuk India,” ungkap Menko Airlangga.

Baca Juga: Lirik Lagu Kasih Putih Glenn Fredly

Indonesia dan India memandang forum IPEF untuk kepentingan bersama negara-negara kawasan Indo Pasifik. Kedua negara pun sepakat saling mendukung keterlibatan kedua negara dalam kerja sama regional tersebut.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KemenPUPR Tangani Kerusakan Bendung Oesao, Kupang

Senin, 6 Februari 2023 | 06:11 WIB

Pemerintah Siap Gelar Kick Off Meeting WWF ke 10

Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:07 WIB

SBI Tuban Raih Penghargaan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:16 WIB

Kerja Keras BRI Tuai Kesuksesan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:16 WIB

KPLP Butuh Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:59 WIB
X