• Selasa, 6 Desember 2022

Pemerintah Siapkan Skim Bantalan Sosial untuk Sektor UMKM

- Sabtu, 10 September 2022 | 19:12 WIB
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima (Endang Kusumastuti)
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima (Endang Kusumastuti)

SUARAKARYA.ID: Pemerintah telah menyiapkan bantalan sosial untuk sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dampak dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Menurut Waki Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima, pemerintah telah memiliki instrumen bantalan untuk UMKM melalui Kementerian Koperasi dan UKM.

"Besarannya mulai Rp600.000 sampai Rp1,250 juta. Bantalan-bantalan ini yang akan dipakai karena kenaikkan harga BBM tentu akan berpengaruh pada besar bagi UMKM," jelas Aria Bima seusai menjadi narasumber Sosialisasi BUMN dengan tema "Program KUR dan Lembaga Keuangan untuk Kredit Usaha Rakyat", untuk pelaku UMKM di Hotel Tosan Solo Baru, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/9/2022).

Bantalan sosial sektor UMKM tersebut akan diberikan kepada sekitar 20 juta pelaku UMKM terutama yang mikro dan belum mendapat akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan lembaga keuangan. Skim bantuan untuk UMKM tersebut disiapkan untuk tahun 2022 dan 2023. 

Baca Juga: Pemulihan Sektor UMKM Pancapandemi Covid-19 Harus Dimitigasi dari Hulu Hingga Hilir

"Program dari Kementerian Koperasi dan UKM, saat ini baru dimintakan ke dinas-dina koperasi dan UKM daerah untuk data penerima bantuan. Bulan Oktober ini sudah ada," jelasnya lagi.

Bantalan sosial untuk UMKM tersebut berbeda Bantuan Langsung Tunai (BLT). Pihaknya membenarkan jika kenaikan harga BBM akan berdampak bagi sektor UMKM.

Menurut politisi PDIP itu, kenaikan harga BBM pasti akan mendongkrak berbagai harga bahan baku terutama yang bahan baku yang memang membutuhkan transportasi. Hal ini pasti berdampak terhadap bisnis UMKM.

Baca Juga: Lirik Lagu Apuse Dan Terjemahannya

"Untuk itu  kita atur dan mitigasi yang penting UMKM tidak boleh bangkrut gara-gara kenaikan harga BBM. KIta perlu membangun ekosistem-ekosistem UMKM supaya UMKM yang terkendala apalagi yang bangkrut tadi itu termonitor," katanya.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penghujung Tahun, Bank Jatim Raih Penghargaan Lagi

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:48 WIB
X