• Rabu, 5 Oktober 2022

Transformasi Digital UMKM Bantu Tingkatkan Perekonomian Rakyat

- Senin, 15 Agustus 2022 | 23:19 WIB
Meutya Hafid, saat menjadi keynote speakernya pada acara webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Perkembangan UMKM Digital di Indonesia.
Meutya Hafid, saat menjadi keynote speakernya pada acara webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Perkembangan UMKM Digital di Indonesia.

SUARAKARYA.ID: Ketua Komisi 1 DPR, Meutya Hafid mendukung akselerasi transformasi digital bagi pelaku  Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Menurut Meutya Hafid, digitalisasi pemasaran untuk UMKM akan membantu perekonomian masyarakat, khususnya di era pandemi Covid-19, yang akhirnya berkontribusi untuk perekonomian nasional.

Meutya Hafid mengatakan hal itu dalam keynote speakernya pada acara webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Perkembangan UMKM Digital di Indonesia, yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (15/8/2022).

Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek menghadirkan Dirjen Aptika Kemenkominfo, Semuel A Pangerapan dan Founder taboicesmoothies, Ilma Waty Nasution sebagai narasumber.

Baca Juga: Telkom Indonesia Gelar Sharing P3DN di Kalangan BUMN

Meutya Hafid mengatakan, UMKM Indonesia jika dilihat ukuran masing-masing individunya kecil, tetapi kalau dipadukan akan jelas terlihat sekali besarnya kontribusi UMKM kepada ekonomi Indonesia. UMKM menyerap 97 persen tenaga kerja Indonesia dan kontribusinya terhadap PDB Indonesia mencapai sekitar 61 persen.

“Jadi membantu UMKM artinya membantu tulang punggung ekonomi Indonesia. Salah satunya adalah sudah benar dengan membantu UMKM kita melakukan transformasi digital,” ujarnya.

Politisi perempuan Partai Golkar itu mengatakan UMKM adalah tulang punggung perekonomian nasional, terlebih di saat pandemi, produk-produk UMKM melalui platform digital atau e-commerce justru berkembang sehingga pelaku UMKM dituntut untuk adaptif.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia 2022, Tunggal Putra dan Ganda Putra Jadi Tumpuan

Oleh karena itu, lanjut Meutya Hafid, produktivitas UMKM harus terus ditingkatkan karena memiliki peranan besar. "Termasuk dari segi kompetisinya. Sehingga sebagai tulang punggung perekonomian, UMKM harus terus diperkuat lewat berbagai program-program yang inovatif," ujarnya.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X