• Sabtu, 1 Oktober 2022

PLN Siap Mendorong Pembangunan Ekonomi Hijau di Jawa Barat, Dukung Industri Bersaing di Pasar Global

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:54 WIB
Foto: Humas PLN
Foto: Humas PLN

SUARAKARYA.ID: PT PLN (Persero) siap mendorong pembangunan ekonomi hijau di Jawa Barat, dengan menghadirkan layanan listrik yang berkualitas, andal dan ramah lingkungan.

Dalam Forum Diskusi Publik Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan Bantuan Pasang Baru Listrik, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi (Ditjen Gatrik) dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Bandung. PLN memaparkan kondisi kelistrikan di Jawa Barat, termasuk transformasi yang telah dilakukan dan rencana ke depan dalam membangun ekonomi hijau di Jawa Barat.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Ai Saadiyah Dwidaningsih, S.T., M.T. mewakili Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang pada Forum Diskusi tersebut menyampaikan komitmennya dalam penurunan emisi gas rumah kaca.

Baca Juga: Wujudkan Energi Berkeadilan, PLN Kini Mampu Pasok Listrik 24 Jam di Ibu Kota Kabupaten Tolikara Papua

"Forum diskusi ini dapat memberikan dampak positif, khususnya dalam menyosialisasikan program-program penting khususnya terkait ketenagalistrikan kepada segenap lapisan masyarakat," tuturnya.

Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali PLN Haryanto WS mengatakan, beban kelistrikan Jawa Barat diprediksikan terus tumbuh hingga lebih dari 11.000 megawatt (MW) pada 2025. Hal ini seiring dengan lahirnya kawasan industri baru  seperti kawasan industri KNIC, kawasan industri Pertiwi Lestari dan Pelabuhan Patimban, serta hadirnya berbagai bisnis berkebutuhan listrik besar seperti PT KCIC, Sata Center Delta Mas, pabrik baterai, dan pabrik kendaraan listrik.

"PLN di Provinsi Jabar ini terbesar se Indonesia. Kontribusinya mencapai 21 persen atau 1/5 dari pendapatan nasional PLN. Kami optimistis Jawa Barat akan melaju semakin cepat dan hebat," kata Haryanto.

Baca Juga: Lirik Lagu Halo Halo Bandung ...Rakyat Bandung tidak sudi menyerahkan kota mereka kepada tentara Sekutu

Menurut Haryanto, PLN telah berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan tersebut agar terbangun ekonomi hijau, dengan menyediakan layanan listrik andal dan ramah lingkungan, melalui penggunaan energi hijau yang diwujudkan dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masih Banyak Pelaku UMKM di Boyolali Enggan Ajukan KUR

Jumat, 30 September 2022 | 21:48 WIB
X