• Senin, 26 September 2022

Sri Mulyani: Proyeksi Ekonomi Dunia 2022 Melemah, Inflasi Melonjak Tinggi

- Senin, 8 Agustus 2022 | 22:24 WIB
Menkeu Sri Mulyani didampingi Gubernur BI Perry Warjiyo dan Ketua KPK Firli Bahuri memberikan keterangan pers terkait RAPBN 2023. (Tangkapan layar Youtube)
Menkeu Sri Mulyani didampingi Gubernur BI Perry Warjiyo dan Ketua KPK Firli Bahuri memberikan keterangan pers terkait RAPBN 2023. (Tangkapan layar Youtube)

SUARAKARYA.ID: Tahun 2022 dunia diproyeksikan akan mengalami perlemahan pertumbuhan ekonomi, dengan inflasi meningkat tinggi.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (8/8/2022).

“Ini artinya bahwa lingkungan global kita akan menjadi melemah, sementara tekanan inflasi justru meningkat," ungkap Menkeu Sri Mulyani

Dana Moneter Internasional (IMF) menurunkan proyeksi ekonomi global dari 3,6 persen menjadi 3,2 persen untuk tahun ini dan dari 3,6 persen menjadi 2,9 persen untuk tahun 2023.

Baca Juga: Ini Fakta Dibalik Kontroversi Pelabelan BPA pada Galon Air Isi Ulang, Ternyata Kemasan Plastik PET Lebih Aman

Menurut IMF, tahun ini inflasi akan naik ke 6,6 persen dari sisi di negara maju, sementara inflasi di negara-negara berkembang akan pada level 9,5 persen, ini juga naik sekitar 0,8 (persen).

Menkeu menjelaskan, kenaikan inflasi yang sangat tinggi di negara maju memicu reaksi sisi kebijakan moneter dan likuiditas diperketat sehingga memacu apa yang disebut capital outflow dan volatilitas di sektor keuangan.

Untuk itu, Menkeu bersama-sama dengan Gubernur Bank Indonesia terus meramu kebijakan fiskal dan moneter yang fleksibel, namun pada saat yang sama juga efektif dan kredibel.

Baca Juga: Belum Dapat Tiket Dream Theater? Tenang Ada Tiket Dijual On The Spot

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Resmikan Desa Tematik di Sidoarjo

Senin, 26 September 2022 | 14:47 WIB

Telkom Indonesia Terus Fokus Pada Bisnis Digital

Senin, 26 September 2022 | 13:24 WIB
X