• Senin, 26 September 2022

Berkat Program Transformasi Erick Thohir, Laba Bank BUMN Naik Signifikan

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:47 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir.
Menteri BUMN, Erick Thohir.


SUARAKARYA.ID: Laba bersih bank-bank milik pemerintah yang mengalami kenaikan signifikan pada semester 1 2022. Hal itu membuktikan program transformasi yang dijalankan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di BUMN menuai sukses besar.

Menurut Erick Thohir, transformasi yang dijalankan komisaris dan direksi dalam menjalankan bisnis perbankan dan proses digitalisasi di lingkungan perbankan BUMN membuat cara kerja perbankan BUMN menjadi lebih efisien.

Efisiensi itu terlihat dari menurunnya biaya operasional, beban dana yang terjadi, dan kualitas kredit yang membaik.

Baca Juga: Angga Wijaya Klarifikasi Soal Dirinya Sunat Honor Dewi Perssik

Transformasi yang dilakukan Erick Thohir juga memaksa perbankan BUMN menata kembali fokus bisnis dengan memilih segmentasi pasar yang berbeda-beda. BRI, misalnya, fokus pada pembiayaan UMKM dan masyarakat pedesaan. Bank Mandiri fokus di sektor korporasi dan UMKM di daerah perkotaan.

Sementara Bank BTN fokus di sektor perumahan. Adapun BNI menjadi bank internasional dengan segmentasi diaspora, pekerja migran, dan sektor ekspor.

"Alhamdulillah berkat transformasi dan digitalisasi, bank-bank BUMN bisa bekerja lebih efektif dan efisien dengan hasilnya yang bisa kita saksikan bersama-sama saat ini. Sekarang juga bukan zamannya lagi antarbank BUMN rebutan nasabah," kata Erick Erick Thohir.

Baca Juga: Lirik Lagu Mengheningkan Cipta, yang Ramai Menjelang HUT Kemerdekaan RI ke 77

Lebih lanjut Erick Thohir menjelaskan, transformasi itu membuat laba bersih perbankan BUMN juga mengalami kenaikan signifikan pada semester pertama 2022. Laba bersih BRI naik 98,38 persen menjadi Rp 24,88 triliun year on year (yoy).

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X