• Senin, 26 September 2022

Genjot Produktivitas, Kementan Dorong Petani Pangkep Terapkan Teknologi CSA

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:13 WIB
Kementan tingkatkan produktivitas petani (Ist)
Kementan tingkatkan produktivitas petani (Ist)

SUARAKARYA.ID: Pembangunan pertanian di Sulawesi Selatan makin menggeliat. Lewat kolaborasi program yang digagas pemerintah daerah setempat dan pusat, sektor pertanian di provinsi tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggalakan program-program utamanya, diantaranya melalui Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project atau SIMURP dengan teknologi andalannya Climate Smart Agriculture (CSA) yang ramah lingkungan. Kementan terus mendorong petani untuk menerapkan teknologi CSA karena CSA terbukti mampu meningkatkan produktivitas pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperkuat hal tersebut. CSA atau pertanian cerdas iklim memang diharapkan bisa meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman, menaikan Indeks Pertanaman (IP) serta dapat meningkatan pendapatan petani pada lahan sawah irigasi menuju ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Baca Juga: Angga Wijaya Klarifikasi Soal Dirinya Sunat Honor Dewi Perssik

Baca Juga: Kasus Tewasnya Brigadir J, Tim Khusus Polri dan Kabareskrim Turun Langsung di TKP

Saya mendorong adanya berbagai inovasi dan teknologi seperti Climate Smart Agriculture atau CSA untuk menghadapi perubahan iklim, ujar Mentan Syahrul.

Mentan Syahrul menambahkan jika Program SIMURP dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian dengan mengedepankan penggunaan air yang efisien serta tanpa bergantung pada kondisi iklim yang berubah.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi di beberapa kesempatan sering menyampaikan, akibat perubahan iklim ekstrem, terjadi serangan hama penyakit tanaman di mana-mana dan sehingga menyebabkan sistem produksi di sentra pangan dunia terganggu.

Dedi menjelaskan kalau pertanian cerdas iklim atau CSA Program SIMURP memiliki dampak yang positif untuk pertanian. CSA SIMURP bisa meningkatkan produktivitas produksi tanaman dan pendapatan petani.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Resmikan Desa Tematik di Sidoarjo

Senin, 26 September 2022 | 14:47 WIB

Telkom Indonesia Terus Fokus Pada Bisnis Digital

Senin, 26 September 2022 | 13:24 WIB
X