• Senin, 26 September 2022

Tingkatkan Produktivitas Petani, Kabupaten Pangkep Masifkan CSA

- Senin, 1 Agustus 2022 | 16:03 WIB
Kementan tingkatkan produktivitas petani lewat SIMURP (Ist)
Kementan tingkatkan produktivitas petani lewat SIMURP (Ist)

SUARAKARYA: Giat Farmer Field Day (FFD) memberikan dampak yang signifikan terhadap pertanian di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. FFD adalah bagian dari program Climate Smart Agriculture (CSA).

CSA adalah paket teknologi ramah lingkungan Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan.

“FFD ini adalah wadah pertemuan antara petani di sekitar lokasi demplot dengan pemerintah, tokoh masyarakat baik di desa sekitar, kecamatan maupun kabupaten,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep, Agustina Wangsa Minggu (31/7/2022).

Baca Juga: Menkopolhukam Persilakan Dibuka Hasil Otopsi Jenazah Brigadir J ke Publik

Baca Juga: Hasil Autopsi Ulang Mayat Brigadir J Mengerikan, Kepala Bolong Tembus ke Hidung

Agustina mangatakan, FFD juga menjadi ajang mensosialisasikan penerapan teknologi CSA kepada petani dan masyarakat. Sekaligus menjadikan ajang pembuktian hasil produktivitas dari penerapan CSA dengan konvensional.

“Ini menjadikan motivasi bagi petani lain untuk menerapkan Teknologi CSA secara swadaya,” jelasnya.

Hasil demplot penerapan CSA Kelompoktani Sengkarannu, Kelurahan Bori Appaka Kec. Bungoro Kab. Pangkep sebesar 7,7 ton/Ha dan lahan konvensinal hanya 5,5 ton/ha berarti ada peningkatan produksi sebesar 2 ton/ha.

FFD ini dihadiri oleh Bupati Pangkep, Kadis Pertanian Kabupaten Pangkep, Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Pangkep, Kepala BKD Kabupaten Pangkep, Camat Bungoro beserta jajarannya.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Resmikan Desa Tematik di Sidoarjo

Senin, 26 September 2022 | 14:47 WIB

Telkom Indonesia Terus Fokus Pada Bisnis Digital

Senin, 26 September 2022 | 13:24 WIB
X