• Rabu, 28 September 2022

Wamendag Jerry Ajak Alumni FEB UKI Berkontribusi Tingkatkan Neraca Perdagangan Pacu Pertumbuhan Ekonomi Nasion

- Senin, 1 Agustus 2022 | 05:19 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga (batik kuning) mengajak Alumni FEB UKI bisa berkontribusi tingkatkan neraca perdagangan pacu pertumbuhan ekonomi nasional (AG Sofyan )
Wamendag Jerry Sambuaga (batik kuning) mengajak Alumni FEB UKI bisa berkontribusi tingkatkan neraca perdagangan pacu pertumbuhan ekonomi nasional (AG Sofyan )
 
SUARAKARYA.ID: Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) DR Jerry Sambuaga menegaskan krisis global yang terjadi di sejumlah negara di dunia, tidak akan terjadi di Indonesia.
 
Itu karena kinerja ekonomi dan perdagangan Indonesia semakin menunjukkan perfomance yang surplus.
 
Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi keynote speech dalam acara Temu Kangen Alumni Angkatan 1990-2000 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia (FEB UKI), di Jakarta, Sabtu (30/7/2022). 
 
 
Acara yang digelar di ruangan aula Lantai 3 Gedung FEB UKI, Cawang, Jakarta, dihadiri Sekretaris Yayasan UKI mewakili Ketua Yayasan UKI, Ir. Jesua Un, Rektor UKI Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH. MH. MBA, Dekan FEB UKI Jonny Siagian, SE., MMA, Ketua Umum Alumni UKI Ir Maruli Gultom, Ketua Umum  IKAFEB-UKI Hariara Tambunan, SE, SH.MM dan ratusan alumni FEB UKI.
 
Wamendag Jerry Sambuaga meyakinkan bahwa perekonomian IndonesIa sejauh ini tetap stabil di tengah ancaman resesi dunia. 
 
Optimisme Pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, ditegaskan Jerry dengan  tren positif pada sisi ekspor dan impor. Neraca perdagangan Indonesia selama semester I-2022 berhasil mencapai US$ 24,89 miliar.
 

"Saya bisa sampaikan kepada para hadirin alumni FEB UKI di sini, selama semester I-2022 surplus neraca perdagangan mencapai US$ 24,89 miliar naik sebesar 110,22% kalau dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ini bukan rilis dari Kementerian Perdagangan bicara seperti ini lho. Ini adalah data dari Badan Pusat Stastistik (BPS) yang independen dan sangat bisa dipertanggungjawabkan," ujar Wamendag Jerry Sambuaga kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (30/7/2022).

Wamendag Jerry kemudian mengajak Alumni FEB UKI untuk ikut berkontribusi aktif dan positif sesuai bidang pengabdian saat ini apakah itu di swasta, pemerintahan, politik maupun NGO. 
 
 
Politisi muda dari Partai Golkar ini juga meminta Alumni FEB UKI bisa menjaga asa masyarakat Indonesia untuk selalu optimistis bahwa pemulihan ekonomi nasional akan bisa dilewati dengan baik hingga akhir masa bhakti pemerintahan Jokowi.
 
Bagi alumni yang berkiprah di dunia bisnis, Jerry mengharapkan bisa bersinergi dengan Kemendag untuk meningkatkan kinerja perdagangan dalam hal ini ekspor. Utamanya memperluas pasar ekspor dengan produk-produk dan komoditas berkualitas dan berdaya saing. 
 
 
Wamendag Jerry Sambuaga hadir sebagai keynote speech dalam acara Temu Kangen Alumni Angkatan 1990-2000 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia (FEB UKI) dengan mengajak dialog bersama (AG Sofyan )
 
"Gerakan Bangga Buatan Indonesia menjadi momentum untuk kebangkitan produksi Nusantara mampu menembus dunia. UMKM adalah salah satu pilar untuk penggerak ekonomi rakyat," jelasnya.
 
"Harapan buat kampus dan alumni UKI, tentunya harus bisa menjadi agen perubahan dalam memberikan kontribusi dan memberikan manfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di semua profesi. Kampus dan alumninya adalah bagian dari pentahelix sebagai bagian unsur kolaborasi yang menggabungkan berbagai pihak dalam kesuksesan negeri ini mencapai 100 tahun IndonesIa Emas," tutur Jerry yang juga Ketum DPP AMPI ini.
 
 
Sukseskan Pemerintahan Jokowi 
 
Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UKI (IKAFEB-UKI) Hariara Tambunan mengatakan, momentum temu kangen satu dasawarsa alumni Fakultas Ekonomi UKI dari angkatan 1990-20020 harus bisa menyatukan visi misi antara  alumni, almamater, dan mahasiswa UKI.
 
"Kita harus terus bersatu dengan pemerintah Indonesia dengan baik. Membangun bangsa dengan lebih baik. Membawa nama baik UKI dengan kontribusi nyata dan bermanfaat untuk masyarakat. Di luar kampus UKI, kita juga harus bisa membuktikan sebagai alumni mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang menyerap ribuan pekerja. Apa yang kita kerjakan sekarang harus bisa sinergi dengan pemerintah," tegas Hariara yang dikenal tokoh senior penggerak pemuda ini.
 
 
Hariara juga mengingatkan kepada alumni FEB UKI harus bangga dan terus mencintai almamaternya karena pemimpin tertinggi Republik ini yakni Presiden Joko Widodo pada periode pertama di tahun 2018 pernah berkunjung di Kampus Cawang yang legend ini.
 
"Ini artinya apa. Jelas kampus dan almamater UKI diperhitungkan karena kontribusi dan prestasi membangun bangsa ini secara nyata. Banyak tokoh-tokoh nasional berasal dari Kampus Cawang. Ada Pak Agung Laksono, mendiang Ibu Ani Yudhoyono, Pak Irman Gusman. Tokoh-tokoh lain yang pernah mengisi Stadium General ada Menko Marves Pak Luhut dan mantan Ketua DPD RI Oesman Sapta dan tokoh-tokoh lainnya," ungkap Hariara yang juga Wabendum DPP Partai Golkar ini.
 
 
Dia menambahkan, alumni mempunyai tanggung jawab dan keterpanggilan yang sama untuk membangun bangsa dan negara menjadi jaya.
 
Ketua Umum IKAFEB-UKI Hariara Tambunan mengajak momentum temu kangen satu dasawarsa alumni Fakultas Ekonomi UKI angkatan 1990-20020 harus bisa menyatukan visi misi antara alumni, almamater dan mahasiswa UKI mengawal legacy Pemerintahan Jokowi (AG Sofyan )
 
 
"Optimisme alumni UKI harus terus kita jaga. Tidak terpengaruh dengan negara di dunia manapun yang saat ini menghadapi resesi. Alumni FEB UKI akan memberikan yang terbaik untuk terus meningkatkan stabilitas ekonomi dan keutuhan NKRI," pungkas Ketum.DPP Hipakad ini.
 
 
Akreditasi Unggul
 
Pada kesempatan itu, Rektor UKI Dhaniswara K. Harjono, Dekan FEB UKI Jonny Siagian, dan Ketua Umum Alumni UKI Maruli Gultom memberikan apresiasi tinggi kepada Wamendag yang telah berkesempatan hadir di momentum Temu Kangen FEB UKI 10 angkatan dengan mengusung tema: Dulu Sahabat, Sekarang Sahabat, Selamanya Sahabat".
 
"Kebanggaan kita dalam keluarga besar UKI harus bisa diejawantahkan sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Syukur alhamdulillah pencapaian UKI semakin hebat dengan Program Doktoral (S3) yakni Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen dan Prodi Doktor Hukum adalah bagian kebanggaan segenap civitas akademika," kata  Dhaniswara.
 
 
Dia menuturkan uKI telah berhasil meraih akreditasi perguruan tinggi oleh BAN-PT, yaitu Akreditasi Unggul. 
 
"Dalam sistem akreditasi terbaru BAN-PT, akreditasi ini adalah peringkat tertinggi. UKI merupakan perguruan tinggi swasta ke-28 di Indonesia yang meraih akreditasi UNGGUL ini. Peringkat ini sangat signifikan, mengingat Indonesia memiliki lebih dari 4.000 perguruan tinggi," ungkap Rektor Dhaniswara.***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Kembali Turun

Rabu, 28 September 2022 | 06:39 WIB

Peringati HUT Ke-77, KAI Daop 8 Percepat Laju Kereta Api

Selasa, 27 September 2022 | 17:24 WIB

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Selasa, 27 September 2022 | 07:50 WIB

PLN Resmikan Desa Tematik di Sidoarjo

Senin, 26 September 2022 | 14:47 WIB
X