• Sabtu, 1 Oktober 2022

BPJS Ketenagakerjaan Bersama Bawaslu Kediri Serahkan Klaim JKM Kepada Ahli Waris Pengawas TPS

- Kamis, 28 Juli 2022 | 20:55 WIB
  Suasana saat penyerahan klaim BPJS Ketenagakerjaan bersama Bawaslu Kabupaten Kediri
Suasana saat penyerahan klaim BPJS Ketenagakerjaan bersama Bawaslu Kabupaten Kediri


SUARAKARYA.ID: BPJS Ketenagakerjaan Kediri menyerahkan santunan jaminan kematian sebesar Rp42 juta kepada ahli waris Didik Ponidi yang bekerja sebagai Pengawas Tempat Pemungutan Suara di Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri.

Almarhum merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar dalam Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang belum lama meninggal dunia.

Prosesi penyerhan secara simbolis disampaikan langsung oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kediri, Suharno Abidin yang didampingi Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri, Sa'idatul Umah, kepada ahli warisnya Luluk Riani, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Kediri Sosialisasikan Manfaat Program Pada Peserta BPU

Ikut hadir dalam penyerahan santunan itu, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kediri, Jarwi SSos dan para anggota Bawaslu Kabupaten Kediri.

Suharno Abidin dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan merupakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang dibentuk berdasarkan Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki 5 Program perlindungan yaitu Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Baca Juga: Razman Arif Nasution Merasa Diancam, Laporkan Irjen Pol (Purn) Ricky Sitohang ke Polda Sumut

Lingkup perlindungannya mulai dari berangkat kerja, selama ditempat kerja dan perjalanan pulang dari bekerja. "Apabila terjadi risiko kematian peserta seperti yang dialami Almarhum, ahli warisnya berhak mendapatkan Santunan JKM sebesar Rp42 juta," ujarnya.

Bila terjadi risiko Kecelakaan Kerja (JKK), peserta akan diberikan penggantian biaya perawatan dan pengobatan sampai dinyatakan sembuh oleh dokter.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Turunkan Harga BBM Jenis Pertamax

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:40 WIB

Masih Banyak Pelaku UMKM di Boyolali Enggan Ajukan KUR

Jumat, 30 September 2022 | 21:48 WIB
X