• Sabtu, 1 Oktober 2022

Bertemu Masumi Kakinoki di Tokyo, Airlangga Tawarkan Investasi Mobil Listrik dan KEK Kesehatan Sanur Bali

- Rabu, 27 Juli 2022 | 19:55 WIB
Airlangga Hartarto dan Masumi Kakinoki. (Kemenko Ekonomi.)
Airlangga Hartarto dan Masumi Kakinoki. (Kemenko Ekonomi.)

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato menegaskan pemerintah terus mengakselerasi pengembangan Electric Vehicle (EV) atau kendaraan listrik di Indonesia.

Penegasan itu disampaikan Menko Airlangga saat bertemu dengan Ketua Keidanren dan Presiden/CEO Marubeni Corporation Masumi Kakinoki di Tokyo Jepang, Selasa (26/7/2022), yang membahas tentang peluang industri kendaraan listrik di Indonesia.

Menurut Airlangga, percepatan itu dilakukan melalui penyusunan peta jalan pengembangan EV, pemberian berbagai insentif, hingga pengembangan ekosistem EV di Indonesia, melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 27 Tahun 2020.

Baca Juga: Gersang, Sudin Perumahan Jakbar Bantu RW 02 Krendang Perbaiki Lingkungan

"Targetnya, produksi EV pada tahun 2030 dapat mencapai 600 ribu unit untuk roda empat atau lebih, dan untuk roda dua dapat mencapai hingga 2,45 juta unit," kata Menko Airlangga.

Dengan diproduksinya kendaraan listrik, diharapkan mampu menurunkan emisi CO2 sebesar 2,7 juta ton untuk roda empat atau lebih dan sebesar 1,1 juta ton untuk roda dua.

Pemerintah memberikan berbagai insentif fiskal dan non-fiskal bagi konsumen EV, seperti pengenaan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah PPnBM sebesar 0%, melalui Peraturan Pemerintah Nomor 74/2021.

Baca Juga: Bandung Jadi Kota Terbaik untuk Pelajar di Indonesia

“Dukungan pemerintah ini diharapkan mendorong potensi besar Indonesia dalam industri mobil listrik mengingat cadangan besar tambang nikel di Indonesia sebagai bahan utama baterai mobil listrik," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Turunkan Harga BBM Jenis Pertamax

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:40 WIB

Masih Banyak Pelaku UMKM di Boyolali Enggan Ajukan KUR

Jumat, 30 September 2022 | 21:48 WIB
X