• Sabtu, 1 Oktober 2022

Airlangga: JBIC Nilai Indonesia Sangat Strategis, Tertarik Biayai Sektor Kesehatan dan Pangan

- Selasa, 26 Juli 2022 | 13:12 WIB
Menko Airlangga Hartarto dan Gubernur JBIC Nobumitsu Hayashi.  (Kemenko Ekonomi)
Menko Airlangga Hartarto dan Gubernur JBIC Nobumitsu Hayashi. (Kemenko Ekonomi)

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut JBIC berperan besar dalam pembangunan ekonomi Indonesia sebagai sumber pendanaan maupun penasihat dalam berbagai proyek infrastruktur.

Hal itu disampaikan Menko Airlangga ketika bertemu Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) yang baru Nobumitsu Hayashi di Hotel Imperial Tokyo, Jepang, Senin (25/7/2022).

“Indonesia ingin lebih tinggi dari Vietnam dan Thailand, inilah alasan utama kenapa kami menemui JBIC di Tokyo,” ungkap Menko Airlangga, dikutip dari laporan resmi Kemenko Ekon, Selasa (25/7/2022).

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Banyuwangi Gelar Kampanye Anti Korupsi

Dalam pertemuan hampir 2 jam dengan fokus bahasan terkait berbagai proyek JBIC di Indonesia itu, Menko Airlangga didampingi Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dan Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso.

Sebagaimana diketahui, JBIC setiap tahun membuat survei atas perusahaan manufaktur Jepang yang melakukan bisnis di luar Jepang (Survey on Overseas Business Operations by Japanese Manufacturing Companies).

Yang memprihatinkan, pada survei tahun 2021, dari Daftar 'Promising Countries for Overseas Business', Indonesia masih di peringkat ke-6 atau di bawah Vietnam dan Thailand. Oleh sebab itulah, Indonesia ingin naik peringkat mengungguli Vietnam dan Thailand.

Baca Juga: Sepak Bola Wanita Kota Bandung Jaring Potensi Atlet

JBIC sendiri memiliki spesialisasi, salah satunya pembiayaan sektor energi. Termasuk, beberapa proyek infrastruktur utama seperti Pembangkit Listrik Tanjung Jati-B, Jawa 1, dan pembangkit panas bumi Sarula dan Muara Laboh, serta proyek LNG Tangguh.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Turunkan Harga BBM Jenis Pertamax

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:40 WIB

Masih Banyak Pelaku UMKM di Boyolali Enggan Ajukan KUR

Jumat, 30 September 2022 | 21:48 WIB
X