• Sabtu, 1 Oktober 2022

Kunjungi Polbangtan Malang, Mentan Syahrul Yasin Limpo Berikan Kuliah Umum

- Selasa, 26 Juli 2022 | 07:58 WIB
Mentan SYL berikan kuliah umum di Polbangtan Malang (Ist)
Mentan SYL berikan kuliah umum di Polbangtan Malang (Ist)

SUARAKARYA.ID: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengunjungi kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang), Senin (25/7/2022) siang. Mentan SYL hadir untuk memberikan kuliah umum di depan para mahasiswa dan dosen Polbangtan Malang serta perwakilan UPT Kementerian Pertanian di Jawa Timur.

Mengawali kuliah umumnya, Mentan Syahrul mengajak mahasiswa untuk menyanyikan lagu Indonesia Pusaka. Dia berpesan kepada para mahasiswa untuk mengawal Indonesia menuju kejayaan.

Besok Indonesia akan lebih kokoh. Kamulah yang bertanggung jawab terhadap masa depan bangsa Indonesia," kata Mentan SYL di depan sekitar 600 mahasiswa Polbangtan Malang yang hadir langsung di Aula Sasana Giri Sabha. 

Baca Juga: Kasus Suap dan Gratifikasi IUP, Istri Pertama dan Kedua Mardani H Maming Mangkir Panggilan KPK

Baca Juga: Hindari Spekulasi, Polri Terus Perkuat Pembuktian Ilmiah Di Kasus Polisi Tembak Polisi Di Rumah Kadiv Propam

Dalam kuliah umum yang berlangsung secara hibrid, Mentan Syahrul menyebut mahasiswa Polbangtan Malang telah berada di jalur yang tepat, menjadi bagian dari penjaga ketahanan pangan dunia. 

Dia mengatakan bahwa tantangan krisis pangan dunia mesti dihadapi dengan cara yang luar biasa, bukan dengan strategi lama. Strategi pertanian, kata Mentan SYL,  harus beradaptasi dengan tuntutan masa sekarang. 

Krisis global yang terjadi saat ini akibat wabah covid-19 membuat semua menjadi tersekat di wilayah masing-masing, yang berdampak pada perputaran ekonomi. Belum selesai covid-19, lanjut dia, timbul climate change atau perubahan iklim yang terjadi secara ekstrem. Kondisi tersebut membuat produktivitas menurun, khususnya di negara-negara yang mengalami empat musim. 

"Produktivitas di seluruh dunia menurun antara 30 sampai 42 persen," kata Syahrul. 

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Turunkan Harga BBM Jenis Pertamax

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:40 WIB

Masih Banyak Pelaku UMKM di Boyolali Enggan Ajukan KUR

Jumat, 30 September 2022 | 21:48 WIB
X