• Sabtu, 1 Oktober 2022

Melalui FFD CSA Buktikan Produktivitas Petani Banyuasin Meningkat

- Kamis, 21 Juli 2022 | 17:11 WIB
Melalui  FFD CSA buktikan Produktivitas Petani Banyuasin Meningkat (Ist)
Melalui FFD CSA buktikan Produktivitas Petani Banyuasin Meningkat (Ist)

SUARAKARYA.ID: Kegiatan Farmer Field Day atau FFD amat bermanfaat bagi para petani. Tak terkecuali di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Para petani di sana amat terbantu dengan kegiatan FFD yang notabene bagian dari program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP). Program ini diinisiasi oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan).

Petani setempat, Tasimun mengatakan bahwa FFD CSA SIMURP memberikan dampak yang siginifikan terhadap peningkatan produktivitas petani. Terbukti pada giat FFD, hasil ubinan Kelompok Tani Jati Anom di areal lahan Desa Jati Sari, Kecamatan Karang Agung ilir, Kabupaten Banyu Asin mencapai 4.832 kilogram.

Baca Juga: Politikus PDIP Hendrawan Sebut Ciri Munafik, Pengacara Habib Rizieq Singgung Harun Masiku

Baca Juga: Mulai Besok 17 Juli Hingga 22 Agustus, Udara Akan Lebih Dingin dari Tahun Lalu

Untuk jenis benihnya kami gunakan Inpari 32. Dengan komposisi pupuk urea 50 kilogram dan 50 kilogram NPK, ujarnya pada Kamis (21/7/2022).

"Kami ucapkan terima kasih kepada BPP Karang Agung Ilir, BPPSDMP Kementan dan Tim FFD CSA SIMURP," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Tasimun juga meminta adanya penambahan untuk 'Rubuha' (Rumah Burung Hantu) untuk pengendalian hama tikus, pembinaan intensif kelompok penangkar benih, hingga fasilitasi produk binaan petani pada Program SIMURP.

OPT tikus sangat berpengaruh dengan produksi padi. Untuk tahun ini, banyaknya populasi Burung Hantu Tyto Alba telah banyak membantu petani dalam pengendalian hama tikus, jelas Tasimun.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Turunkan Harga BBM Jenis Pertamax

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:40 WIB

Masih Banyak Pelaku UMKM di Boyolali Enggan Ajukan KUR

Jumat, 30 September 2022 | 21:48 WIB
X