• Selasa, 7 Februari 2023

Anggota Komisi XI DPR Puteri Komarudin Minta ADK OJK Segera Gercep Tuntaskan Masalah Jasa Keuangan

- Kamis, 21 Juli 2022 | 00:16 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin (kedua kanan) meminta ADK OJK segera gercep menuntaskan masalah jasa keuangan  (AG Sofyan )
Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin (kedua kanan) meminta ADK OJK segera gercep menuntaskan masalah jasa keuangan (AG Sofyan )
 
 
SUARAKARYA.ID: Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Puteri Komarudin meminta Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (ADK OJK) periode 2022-2027 segera gercep alias gerak cepat tuntaskan masalah jasa keuangan dan menyiapkan terobosan dan harus bisa mengatasi permasalahan di industri jasa keuangan.
 
“Saya sebagai anggota Komisi XI DPR RI yang salah satu mitra kerja adalah OJK RI menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada ADK OJK terpilih. Pelantikan ini menjadi langkah awal bagi Bapak dan Ibu di ADK OJK mampu memberikan karya terbaiknya untuk kemajuan bangsa dan negara.  Karena sejatinya tugas besar menanti untuk merampungkan berbagai persoalan di industri keuangan. ADK OJK terpilih harus bisa segera beradaptasi untuk memahami bidang tugasnya secara utuh dan komperehensif. Kemudian, bergerak cepat untuk merumuskan terobosan dan solusi bagi pengembangan industri jasa keuangan,” urai Puteri Komarudin kepada suarakarya.id dari kegiatan reses di Dapil Jabar VII (Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta), Rabu (20/7/2022).
 
 
Mahkamah Agung (MA) resmi telah melantik Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa
Keuangan untuk masa bhakti 5 tahun tersebut di Gedung MA, Jakarta, hari ini, Rabu (20/7/2022).
 
Adapun susunan ADK OJK periode 2022-2027 yaitu Ketua DK OJK Mahendra Siregar, Wakil Ketua DK OJK Mirza Adityaswara, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Inarno Djajadi, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono, Ketua Dewan Audit merangkap ADK OJK Sophia Isabella Watimena, dan ADK OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi.
 
 
Selain itu, terdapat ADK OJK yang merupakan Ex Officio dari Bank Indonesia yaitu Doni Primanto Joewono dan Ex Officio dari Kementerian Keuangan yaitu Suahasil Nazara. 
 
Srikandi Milenial Beringin di Senayan ini berpesan agar seluruh ADK bisa bekerja secara solid dan detail.
 
 
“Harus terjalin sinergi agar tidak terkotak-kotak antar bidang pengawasan. Jadi, pengawasannya pun juga harus dipastikan menyeluruh dan rinci. Tidak hanya yang makronya saja, tetapi juga kondisi pada setiap pelaku industri keuangan,” tegas Putkom, sapaan akrab politisi Golkar ini.
 
Anggota Komisi Keuangan dan Perbankan DPR RI ini juga mengingatkan kembali atas sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan ADK OJK periode 2022-2027.
 
 
“Dalam catatan saya perlu ada perbaikan pengawasan di bidang IKNB secara lebih ketat dan tidak kendor khususnya di industri perasuransian. Lantaran, maraknya kasus perusahaan asuransi yang bermasalah yang merugikan ribuan Pemegang Polis yang tak berdosa dan merana akibat gagal bayar perusahaan asuransi tidak bisa melaksanakan kewajibannya. Belum lagi, keberadaan pinjaman online (pinjol) ilegal yang liar dan sangat merugikan masyarakat," ungkap Ketua Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia (KPPI).
 
Seperti publik telah ketahui beberapa perusahaan asuransi baik pelat merah maupun swasta telah merugikan ratusan ribu Nasabah atau Pemegang Polis. 
 
 
Asuransi dari BUMN seperti Jiwasraya, maupun Asabri serta swasta seperti Bumiputera, WanaArtha Life, Kresna Life serta masih banyak lagi industri asuransi lainnya telah gagal bayar menunaikan kewajibannya kepada penerima manfaat yang notabene adalah rakyat.
 
Putri sulung Ketua DPR RI ke 17, Ade Komarudin ini juga menyoroti  perbaikan dari perlindungan konsumen secara mendasar bagaimana memulihkan kepercayaan masyarakat dengan adanya berbagai isu yang menerpa industri jasa keuangan nasional.
 
 
Ketua Bidang Keuangan dan Pasar Modal DPP Partai Golkar ini juga tak lupa menyampaikan  apresiasi tinggi dan terima kasih atas pengabdian dari jajaran ADK OJK Periode 2017-2022 yang dipimpin Wimboh Santoso.
 
“Terima kasih Pak Wimboh beserta seluruh jajaran ADK OJK atas pengabdian dan dedikasinya selama ini memajukan OJK RI," ucap Putkom yang sebelum berkiprah sebagai politisi juga pernah sebagai profesional di OJK ini.
 
 
Segala capaian yang baik yang telah dilakukan ADK OJK sebelumnya, kata Puteri harus diteruskan ADK yang sekarang.
 
"Begitupun, yang masih kurang, perlu kita perbaiki dan tingkatkan kembali. Tujuannya pasti agar industri keuangan kita semakin produktif, aman, dan berkelanjutan untuk menopang pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Puteri Komarudin. ***
 

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KemenPUPR Tangani Kerusakan Bendung Oesao, Kupang

Senin, 6 Februari 2023 | 06:11 WIB

Pemerintah Siap Gelar Kick Off Meeting WWF ke 10

Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:07 WIB

SBI Tuban Raih Penghargaan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:16 WIB

Kerja Keras BRI Tuai Kesuksesan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:16 WIB

KPLP Butuh Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:59 WIB
X