• Minggu, 27 November 2022

PT Brantas Abipraya Laksanakan Revitalisasi TMII, Dukung Penyelenggaraan Presidensi G20

- Minggu, 17 Juli 2022 | 14:25 WIB
PT Brantas Abipraya lakukan penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago dan revitalisasi empat danau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).  (Istimewa)
PT Brantas Abipraya lakukan penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago dan revitalisasi empat danau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (Istimewa)

SUARAKARYA.ID: PT Brantas Abipraya (Persero) turut berkontribusi mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 2022. BUMN Karya ini membuktikan kehadirannya untuk Indonesia dengan membangun infrastruktur penyokong kegiatan presidensi tersebut, yaitu pengerjaan Penataan Lanskap Pulau-Pulau di Danau Archipelago dan Revitalisasi empat danau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi   Sugeng Rochadi selaku Diretur Utama Brantas Abipraya datang meninjau untuk memastikan pengerjaan proyek tersebut berjalan baik.

“Ini adalah bukti Brantas Abipraya dalam memperkuat komitmennya dalam membangun infrastruktur negeri. Kami diberikan amanah untuk merevitalisasi TMII dengan merenovasi miniatur archipelago, pedestrian anjungan, amphitheater, promenade dan beberapa pekerjaan lainnya,” ungkap Sugeng Rochadi, Direktur Utama Brantas Abipraya dalam keterangan tertulis seperti dipantau suarakarya.id hari Minggu (17/7/2022).

Baca Juga: Di Forum High Level G20, Airlangga Tawarkan Solusi Atasi Ancaman Krisis Pangan Global

Sugeng menambahkan, sesuai dengan yang ditargetkan Menteri PUPR bahwa memproyeksikan renovasi TMII rampung pada akhir Juli 2022, maka BUMN Karya ini optimis dapat merampungkan pekerjaan tepat waktu dengan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) selama pengerjaan dan kualitasnya.  

Tak hanya itu, Sugeng juga mengatakan bahwa Brantas Abipraya juga kini tengah merampungkan pekerjaan Plaza Jawa Barat, Lanskap Caping Gunung, Plaza Dermaga, Boulevard dan Plaza yang berlokasi di Sasana Krida. Di samping revitalisasi miniatur archipelago dengan lanskap miniatur pulau-pulau di Indonesia, perusahaan konstruksi yang hingga kini telah menyelesaikan pembangunan 42 paket bendungan ini juga diberikan amanah untuk mengerjakan pekerjaan revitalisasi Danau Archipelago, Danau Air Tawar dan Desa Wisata, serta Danau Keprajuritan.  

Presiden Joko Widodo menugaskan khusus revitalisasi TMII melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2021 tentang percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur untuk mendukung penyelenggaraan acara internasional di Bali, DKI Jakarta, NTB, dan NTT. 

Baca Juga: Delegasi G20 Kunjungi PLTS di Pulau Messah, Wujud Transisi Energi Listrik Ramah Lingkungan di Daerah 3T

Menteri Basuki menyebutkan, tujuan utama renovasi adalah untuk meningkatkan pelayanan TMII sebagai destinasi wisata masyarakat sejak tahun 1970-an. Menjadi salah satu ikon wisata Indonesia yang legendaris, tempat rekreasi ini adalah sarat seni dan budaya Indonesia dengan luas area 150 hektar dan berlokasi di bilangan Jakarta Timur.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi 6 DPR RI Dorong Sektor UMKM Tingkatkan Ekspor

Sabtu, 26 November 2022 | 22:26 WIB
X