• Minggu, 25 September 2022

Tingkatkan Akses Pasar Produk UMKM, BI Solo Gelar Kenduren UMKM

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 06:05 WIB
Wali Kota Solo berxama Kepala BI Solo melihat produk UMKM di Kenduren UMKM (Endang Kusumastuti)
Wali Kota Solo berxama Kepala BI Solo melihat produk UMKM di Kenduren UMKM (Endang Kusumastuti)

SUARAKARYA.ID: Bank Indonesia (BI) Solo kembali menggelar event Berkembang dan Berinovas Menjadi UMKM Keren (Kenduren UMKM). Event itu untuk meningkatkan akses pasar dan mendorong sektor UMKM go digital dan go global.

Tahun ini, Kenduren UMKM untuk pertama kalinya seusai pandemi digelar secara luring, di Mall Solo Square, Kota Solo, Jawa Tengah, mulai tanggal 15-17 Juli 2022.

"Bank Indonesia Solo bersama pemerintah kabupaten dan kota se Solo Raya juga memfasilitasi pembentukan komunitas UMKM se-Solo Raya agar dapat bersinergi untuk mengembangkan kapasitas dan meningkatkan skala ekonominya," jelas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo, Nugroho Joko Prastowo, saat pembukaan Kenduren UMKM di Mall Solo Square, Solo, Jumat (15/7/2022).

Baca Juga: Jajanan Ice Smoke Keluarkan Api  Bocah 5 Tahun Terbakar Di Ponorogo

Kenduren UMKM tahun ini melibatkan komunitas UMKM di masing-masing daerah di  Solo Raya. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mengikutsertakan UMKM binaan BI maupun mitra binaan BI.

"Komunitas UMKM di Solo Raya ini saling bersinergi dan kolaborasi. Sehingga pengembangan UMKM Solo Raya itu menjadi lebih efektif. Kalau dulu kan rangkaian-rangkaian sendiri dan sekarang bareng-bareng," jelasnya lagi.

Melalui wadah kolaborasi tersebut, menurut Joko, jika ada lembaga atau  perusahaan swasta yang ingin memberikan pelatihan atau pemberdayaan  bisa langsung menghubungi komunitas tersebut. 

Baca Juga: Lirik Lagu Apuse Dan Terjemahannya

"Begitu juga saat ada pameran dan ada agrigator seperti tadi  dari Singapura ada dari  pasar Timur Tengah. Jadi mereka enggak perlu pergi ke masing-masing kota tinggal dihubungin komunitasnya ini maka produknya ketemu apa yang cocok apa yang sudah memenuhi syarat sambil sekalian dikurasi," paparnya.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KemenPUPR Bersama OASE KIM Sosialisasikan Hidup Bersih

Kamis, 22 September 2022 | 20:06 WIB
X