• Senin, 26 September 2022

Kemenperin Ingin Jadikan Idul Adha Sebagai Momentum Memupuk Kebersamaan

- Selasa, 12 Juli 2022 | 05:53 WIB
Kemenperin ingin menjadikan Idul Adha sebagai momentum memupuk kebersamaan. Penegasan ini disampaikan Sekjen Kemenperin Dody Widodo saat memberikan secara simbolis hewan qurban yang akan dipotong (AG Sofyan )
Kemenperin ingin menjadikan Idul Adha sebagai momentum memupuk kebersamaan. Penegasan ini disampaikan Sekjen Kemenperin Dody Widodo saat memberikan secara simbolis hewan qurban yang akan dipotong (AG Sofyan )
 
L
 
SUARAKARYA.ID: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) ingin menjadikan perayaan Idul Adha 1443 Hijriah sebagai momentum untuk meneladani apa yang telah dicontohkan para nabi tentang ketaatan, ketakwaan, dan keikhlasan. 
 
Idul Adha dijadikan sebagai momentum memupuk kebersamaan, persaudaraan, dan saling gotong-royong.
 
Seluruh jajaran pejabat dan staf di Kemenperin tahun 1443 H atau 2022 Masehi ini, akan melakukan Qurban sebanyak 25 ekor sapi dan dua ekor kambing. 
 
 
Seluruh hewan yang akan dikurbankan sudah dipastikan terbebas dari Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan.
 
“Tentunya sapi-sapi qurban sudah diperiksa dan mendapat sertifikat. Pada saat pemotongan dipastikan juga hewan qurban ini benar-benar bisa digunakan untuk berqurban dan dagingnya bisa dikonsumsi," kata Sekjen Kemenperin Dody Widodo saat menyerahkan hewan qurban di lingkungan Kemenperin, Jakarta.
 
 
Sekjen Dody menyebut, pemotongan hewan qurban Kemenperin dilakukan di beberapa Rumah Pemotongan Hewan (RPH).
 
Hal tersebut dilakukan agar pemotongannya higienis serta memastikan agar pelaksanaan pemotongannya benar-benar sesuai dengan syariat Islam. 
 
“Itu yang menjadi pertimbangan sehingga kami tidak melakukan pemotongan sendiri hewan-hewan qurban di lingkungan Kemenperin,” ungkap Dody.
 
 
Pada kesempatan tersebut, Sekjen Kemenperin sekaligus mengajak masyarakat industri untuk memaknai perayaan Idul Adha 1443 Hijriah sebagai momentum penting dalam membangun rasa kepedulian terhadap sesama.
 
“Melalui pengorbanan yang dilakukan, tentunya kita akan terus memupuk rasa keberpihakan kepada mereka yang kemampuannya terbatas," ujar Dody.   
 
 
Hikmah dari perayaan Idul Adha diharapkan dapat diaplikasikan oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kemenperin dalam misi untuk terus berusaha meningkatkan daya saing industri nasional serta menguatkan kebersamaan bangsa Indonesia dalam upaya untuk membangun perekonomian di tanah air dan mewujudkan kesejahteraan nasional.  
 
Sekjen Kemenperin Dody Widodo menyerahkan secara simbolis hewan qurban yang akan dipotong dan dibagikan kepada penerima manfaat di keluarga besar Kemenperin yang berhak atas daging qurban tersebut (AG Sofyan )
 
Sekjen Kemenperin ini mengungkapkan, daging hewan-hewan qurban tesebut nantinya akan distribusikan ke para pegawai Kemenperin golongan 1, 2, dan 3, pegawai honorer, pegawai outsourcing, masyarakat sekitar Kemenperin, wisma industri, dan yayasan. 
 
 
Sejumlah yayasan penerima hewan kurban adalah Pondok Pesantren Ashobirin, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, Pondok Pesantren Tahfiz Quran Al Kautsar, Taman Pendidikan Al-Quran Al Hidayatus Salam, dan Pondok pesantren Darul Fudola. 
 
“Insya Allah hewan-hewan qurban yang diserahkan dari Kemenperin bisa bermanfaat bagi pondok pesantren dan masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.
 
 
Pemotongan hewan qurban sumbangan dari keluarga besar Kemenperin dan perusahaan industri yang turut berpartisipasi telah dilaksanakan pada hari ini Senin (11/7/2022)
 
Sedangkan pelaksanaan salat Idul Adha di lingkungan Kemenperin juga sudah ditunaikan pada hari Ahad (10/7/2022) di Masjid Al Kautsar Kemenperin.***

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X